BERITA PILIHAN >> KABAR TRIBRATA

Ciptakan Pelajar sebagai Pemuda Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

IM.com – Program pemuda pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan raya gencar digulirkan hingga di kalangan pelajar. Seperti di Mojokerto, UPT DLLAJR Prov Jatim di Mojokerto, Dinas Perhubungan Kabupaten Mojokerto, dan Polres Mojokerto menggelar pembinaan pemuda pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di SMAN 1 Bangsal.

Sedikitnya 100 pelajar SMAN 1 Bangsal terpilih mengikuti pembinaan pemuda pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan raya. “Pembinaan seperti ini sangat penting untuk menambah wawasan anak-anak. Minimal mereka tahu bagaimana kondisi, aturan hukum, etika, dan resiko di jalan raya,” ujar H. Syahrul Soni, S.Pd., Wakasek Humas SMAN 1 Bangsal.

Kegiatan yang menghadirkan tiga narasaumber, kata Soni, dilaksanakan, Kamis (29/11-2018) lalu di SMAN 1 Bangsal. “Narasumbernya Zainuddian, S.H., M.H. (Kasi LLAJ) dari UPT-LLAJ Prov Jatim di Mojokerto, Drs. Sudjatmiko, M.Si. (Kabid LLAJ) dari Dinas Perhubungan Kabupaten Mojokerto, dan Ipda. J. Wihandoko (Kanit Dikyasa) dari Polres Mojokerto,”jelas Soni.

Zainuddian memberikan materi seputar Fasilitas dan Kelengkapan Jalan. Sudjatmiko, menyampaikan materi Pengetahuan Seputar Kendaraan Bermotor. Wihandoko memberi materi Etika dan Kepeloporan Pemuda untuk Keselamatan Lalu Lintas.

“Mereka tampak antusias mengikuti materi, karena para narasumber mengajak dialog secara faktual apa yang biasa terjadi di jalan raya. Apalagi ada bonus helm yang sempurna menjawab pertanyaan dari pak polisi,” ujar Prawita, siswi kelas XI.MIA salah satu pengurus OSIS.

Drs. Sudjatmiko, M.Si., menegaskan kegiatan kepeloporan pemuda dalam berlalu lintas ini merupakan bentuk kegiatan pembekalan. Setelah itu setiap tahun ada lombanya, dari tingkat kabupaten hingga nasional.

“Prinsipnya, pemuda tahu, mengerti, paham, dan bisa melaksanakan segenap aturan maupun etika berlalu lintas di jalan raya. Semakin banyak pemuda termasuk pelajar yang sadar keselamatan berlalu lintas, hal itu pasti dapat menurunkan angka kecelakaan,” ungkapnya serius.

Sedangkan secara terpisah, Kepala SMAN 1 Bangsal, Suyono, S.Pd.. M.M.Pd., menyatakan terima kasih dan apresiasi tinggi atas dilaksanakan kegiatan tersebut di sekolahnya. Kepedulian jajaran UPT LLAJ Prov Jawa Timur, Dishub Kab Mojokerto, dan Dikyasa Polres Mojokerto, menurutnya bila memungkinkan bisa diagendakan rutin. (use/uyo)

Berita Terkait

Komentar