HEADLINE >> Regional

Truk Tangki Terguling di By Pass Kenanten, Warga Berebut Tumpahan Minyak Goreng

IM.com – Truk tangki pengangkut minyak goreng terguling di jalan raya bypass Kenanten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Kamis (11/7/2019). Warga yang berebutan menyisiri tumpahan minyak

Puluhan orang nampak berbondong membawa tong, ember hingga botol untuk mengais tumpahan minyak di jalan raya nasional tersebut. Bahkan tak sedikit yang menciduk minyak yang masih tertampung di dalam tangki.

“Saya sudah dapat tiga ember lebih. Ya ini kan minyak goreng, nanti dimanfaatkan saja di rumah, kalau bisa dijual ya dijual,” ucap salah seorang warga yang tinggal di sekitar lokasi truk terguling.

Tak pelak, aksi warga ini memperparah kemacetan arus lalu lintas Surabaya-Jombang.

Truk bernopol AG 9276 RC yang terguling dikemudikan Samsul (48) asal Desa Gurah, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Patahnya as truk diduga menjadi penyebab kendaraan tangki itu terguling.

“Saya mau kirim minyak ke Kediri, tiba-tiba, truk oleng dan terguling. Setelah diperiksa as (truk) patah,” ujar Samsul.

Tidak ada korban dalam kecelakaan ini. Hanya sopir truk, Samsul, yang mengalam lecet dan memar.

Samsul pun merelakan tumpahan minyak dari kendaraan yang disopirinya menjadi sasaran warga. Ia hanya bersyukur karena masih selamat dan sudah melaporkan kejadian ini dengan atasannya.

“Sudah terjadi mau diapain. Tadi sudah saya kordinasikan dengan pimpinan,” ucapnya.

Akibat kecelakaan ini, ia mengaku mengalami kerugian sampai Rp 100 juta rupiah.

Sementara kondisi truk hancur di bagian kabinnya. Proses derek sempat mengalami kesulitan karena masih banyak muatan di dalam tangki.

“Karena muatan masih banyak menyulitkan proses evakuasi. Kami masih menunggu kendaraan lain untuk pemindahan muatan,” terang Kanit Laka Satlantas Polres Mojokerto Ipda Edy Widoyono di lokasi kecelakaan.tak kuat menarik truk tersebut.

Sementara kemacetan cukup parah sempat terjadi di Jalan Raya By Pas Kenanten dari arah Jombang ke Surabaya maupun sebaliknya. Petugas kepolisian dibantu relawan berusaha mengurai kemacetan dan mengingatkan agar pengendara lebih berhati-hati karena jalanan menjadi licin akbat tumpahan minyak.

Dari pantauan di lokasi siang tadi, tercatat ada tiga kendaraan roda dua dari arah Jombang yang tergelincir karena kurang waspada. Salah satu korban sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

“Kami lakukan pengalihan arus dari arah Surabaya masuk ke dalam Kota Mojokerto. Dari arah Jombang juga demikian,” ujarIpda Edy.

Dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan di lokasi kejadian untuk membantu menyemprot bekas minyak goreng yang tertumpah di sepanjang jalan raya Bypass Kenanten, Mojokerto. (im)

TAGS :

Berita Terkait

Komentar