HEADLINE >> UKM

Hadiri Pasar Rakyat Award, Ning Ita Termotivasi Pesan Presiden Jokowi

IM.com – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menghadiri Pasar Rakyat Award yang digelar Kementerian Perdagangan Tahun 2019 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten. Presiden Joko Widodo yang membuka acara ini meminta Kementerian Perdagangan, pemerintah daerah, pengelola pasar, dan pihak terkait lainnya untuk membangun ekosistem jaringan untuk berjualan secara online.

“Selain membangun dari sisi offline, ekosistem online juga harus dibangun sehingga pasar rakyat punya marketplace dan platform untuk menuju kepada era digital,” kata Presiden Jokowi di Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, Selasa (12/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meresmikan pasar rakyat dan menyerahkan penghargaan kepada pasar rakyat. Serta membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2019 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai Tangerang Banten.

Menurut Presiden, pasar rakyat harus diberi ruang gerak untuk masuk pasar daring. “Kalau disambungkan ke marketplace akan menjadi kekuatan pasar rakyat, kalau sudah nasional bisa di sambungkan ke internasional,” katanya.

Presiden juga menyampaikan penghargaaan kepada Kemendag yang hingga 2018 telah merevitalisasi sekitar 4.200 pasar dan 8.900 pasar desa. “Artinya kita betul betul memberi perhatian terhadap pasar baik fisik maupun manajemen dan akhir 2019 kita targetkan akan terbangun 5.200 pasar,” tuturnya.

Nah, tugas pemerintah daerah, menurut Presiden, adalah memperbaiki sisi offline agar produk di pasar rakyat dapat masuk pasar online.

“Tugas bupati memperbaiki dari sisi offline seperti kemasan atau packaging dan labeling. Ini penting agar bisa masuk ke marketplace. Siapkan branding dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Dalam acara itu, Walikota yang akrab disapa Ning Ita didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ruby Hartoyo dan jajarannya, beserta pengelola pasar di Kota Mojokerto. Ning Ita berharap, kehadirannya pada acara ini bisa memotivasi dan meningkatkan peran serta seluruh pelaku pasar di Kota Mojokerto untuk saling bersinergi, meningkatkan daya saing pasar.

”Semoga event ini juga bisa menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat di Kota Mojokerto untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari,” demikian keterangan tertulis yang dirilis Humas Pemkot Mojokerto.

Kategori Pasar Rakyat Award dibagi menjadi tiga, yaitu pasar revitalisasi terbaik, pasar ramah lingkungan, serta pasar ramah difabel. Dari masing-masing kategori, dipilih tiga pasar untuk mendapatkan penghargaan. Sementara bagi para pengelola pasar, juga diberikan penghargaan untuk satu kategori, yaitu pengelola pasar rakyat terbaik. (im)

Berita Terkait

Komentar