HEADLINE >> INDONESIA MEMILIH

Hasil Pemilu DPRD Jatim Dapil X, Banyak Putra Daerah Mojokerto Tidak Lolos

IM.com – Calon Anggota Legislatif DPRD Jatim periode 2019-2024 dari Kota dan Kabupaten Mojokerto tidak cukup dominan di Dapil X. Terbukti, dari jatah 8 kursi yang tersedia di Dapil Mojokerto-Jombang hanya tiga caleg Putra Majapahit yang melenggang ke gedung Indrapura.

Caleg asal Mojokerto berbagi jumlah kursi yang sama (tiga) dengan calon dari Kabupaten Jombang. Sementara dua kursi lain direbut caleg dari luar wilayah Dapil X yakni Surabaya dan Sidoarjo.

Tiga caleg asal Mojokerto meraih kursi DPRD Jatim yakni Gatot Supriyadi (PDIP), Suwandy (NasDem) dan Hidayat (Gerindra). Gatot tampil sebagai caleg kedua yang lolos dari PDIP dengan 41.333 suara, mengalahkan dua caleg di urutan atasnya.

Capaian Suwandy sebagai satu-satunya yang lolos mewakil Partai NasDem di Dapil X juga cukup gemilang. Berada di urutan kelima, Suwandy mampu meraup 33.865 suara mengkandaskan empat caleg di level atasnya.

Nasib kurang beruntung justru dialami beberapa caleg Mojokerto yang cukup populer di kandang. Di antara mereka bahkan ada yang kalah bersaing dengan caleg dari luar wilayah Mojokerto-Jombang.

Semisal, Ayub L Busono. Berstatus Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mojokerto dan menjadi penantang terberat calon incumbent di Pilwali Mojokerto 2014 silam, Ayub hanya bisa mengumpulkan 29.002 suara di Dapil X.

Meski berada di peringkat kedua di internal Partai Demokrat, suara Ayub terpaut jauh di bawah Kuswanto, caleg asal Sidoarjo yang terjun di Dapil X. Kuswanto yang pernah menjadi Anggota DPRD Jatim 2009-2014 meraup 40.582 suara, menjadi satu-satunya caleg PD dari Dapil X yang melenggang ke Indrapura.

Caleg lain asal Mojokerto yang nangkring di urutan papan atas tetapi gagal seperti Masduki (PKB no.urut 2), Hamidah (PPP no.urut 2), serta Agus Siswayudi, caleg Partai Hanura yang kini masih duduk di DPRD Kabupaten Mojokerto.

Secara keseluruhan, di Dapil X ini hanya ada enam parpol yang berhasil menempatkan calegnya di DPRD Jatim. Golkar menjadi mpartai papan atas yang gagal meloloskan caleg dari Dapil X ke Indrapura. Maklum, dari 8 caleg yang diterjunkan di dapil ini, hanya satu orang yang putra daerah (Jombang), yakni Indira Putri Kirono.

PKB tampil sebagai pemenang di Dapil X dengan raihan total 265.819 suara dan berhak atas dua kursi di DPRD Jatim. Disusul PDIP yang memperoleh 249.950 suara juga mendapat jatah sama, dua kursi.

Tempat ketiga diduduki Partai Demokrat dengan 124.774 suara yang hanya berhak memperoleh satu kursi berdasar metode perhitungan Sainte Lague. (im)

Berita Terkait

Komentar