BERITA PILIHAN >> Kesehatan

1.412 Siswa di Desa Peterongan Kec Bangsal Diimunisasi Difteri

IM.com – Sejumlah 1.412 siswa di Desa Peterongan Kecamatan Bangsal menerima layanan imunisasi difteri, Senin (12/11/2018). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Outbreak Responze Immunization (ORI) Difteri Putaran Tiga di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Babinsa Peterongan Sertu Abdul Khoir yang memonitor dan mendampingi kegiatan layanan kesehatan imunisasi difteri di Desa Peterongan dilakukan Bidan Desa Peterongan, Lilik Fauziyah, Amd. Keb bersama Tim Medis dari UPT Puskesmas Bangsal.

“Dari 1.412 siswa-siswi yang menerima imunisasi tersebut, tersebar di lima sekolah yang berada di Desa Peterongan, yaitu SMAN 1 Bangsal sebanyak 1.160 siswa, SDN Peterongan 98 siswa, MI Nurul Hidayah 96 siswa, RA Nurul Hidayah 32 siswa, dan TK Dharma Wanita 26 siswa. Saat kegiatan imunisasi, para siswa juga didampingi para guru sekolah masing-masing,” terangnya.

Masih di wilayah Bangsal, layanan kesehatan serupa juga berlangsung di Desa Salen dengan sasaran PAUD Tunas Bakti 11 siswa, TK Tunas Bakti 40 siswa dan SDN Salen 180 siswa. Pelaksanaan imunisasi dilakukan Petugas Kesehatan dari UPT Puskesmas Bangsal bersama Bidan Desa dan didampingi Babinsa setempat Serda Abu Kasan, Selasa (13/11/2018).

Terpisah Danramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Mujiono saat dikonfirmasi mengatakan, pelaksanaan ORI Difteri putaran tiga yang dilakukan UPT Puskesmas Bangsal bersama Bidan Desa sudah dilakukan sejak awal Nopember.

Minggu lalu, lanjut Danramil, sesuai pantauan Babinsa, ada sejumlah 1.804 siswa di tiga desa mendapat layanan imunisasi, mulai Rabu (07/11) Desa Sumberwono 133 siswa terdiri dari 102 siswa SDN Sumberwono dan 31 siswa TK Raden Wijaya. Kemudian Kamis (08/11) Desa Sumbertebu 1.446 siswa terdiri dari 124 siswa SDN Sumbertebu, 129 siswa MI Hidayatul Mubtadin, 831 siswa MTs Negeri Bangsal dan 382 siswa SMK Kusuma Bangsa.

Selanjutnya Jum’at (09/11) Desa Kutoporong 205 siswa terdiri dari 151 siswa SDN Kutoporong dan 54 siswa TK Dharma Wanita. “Jadi bila ditotal, sesuai pantauan Babinsa di lapangan, mulai Rabu hingga Jum’at pekan lalu hingga hari ini sebanyak 3.447 siswa sudah mendapat layanan imunisasi difteri pada putaran tiga,” terangnya.

Masih kata Danramil, pihaknya mendukung sepenuhnya pelaksanaan ORI Difteri yang dilakukan UPT Puskesmas Bangsal, salah satu bentuk dukungan kita yaitu dengan mengerahkan para Babinsa untuk memonitor sekaligus mendampingi pelaksanaan layanan imunisasi di sekolah, Posyandu dan Ponkesdes di setiap desa dalam wilayah tanggung jawab Koramil Bangsal.

“Pihaknya bersama lintas sektor siap mendukung dan mensukseskan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ORI Difteri ini program pemerintah di bidang kesehatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya Balita, anak-anak dan remaja yang ada di bangku sekolah, sehingga kelak mereka akan menjadi generasi muda yang sehat,” tandasnya. (dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar