BERITA PILIHAN >> Regional

Wartawan Inilahmojokerto.com Juara Lomba Esai, Ini Pesan Pangdam

IM.com– Wartawan inilahmojokerto.com juara lomba karya tulis esai (LKTE) untuk wartawan dalam rangkaian kegiatan HUT ke-70 Kodam V/Brawijaya dan Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018. Wartawan inilahmojokerto.com satu-satunya media online yang mampu meraih juara dari berbagai jenis media yang ikut mengirimkan karya tulisnya.

Penyerahan piagam penghargaan diserahkan langsung Pangdam V Brawijaya, Mayor Jendral TNI Arif Rahman di Balai Prajurit Bhirawa Anoraga, kompleks Makodam V/Brawijaya,Surabaya, Senin (17/12-2018).

Sebagaijuara 2, Yuswanto wartawan inilahmojokerto.com yang hadir didampingi Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Caj (K) Candra Yuniarti, S.S menerima hadiah trophy Pena Brawijaya, piagam penghargaan, dan uang tunai Rp.5 juta.

Yuswanto mengaku sempat sejenak diajak diskusi Pangdam. Selain menanyakan judul karyanya, Yuswanto juga dimotivasi untuk selalu dapat berperan aktif dalam membantu jajaran TNI-AD untuk mengedukasi masyarakat seputar Pancasila dan wawasan kebangsaan.

“Menggagas peran TNI dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah demi penguatan ideologi Pancasila. Itu judul karya saya dan sekaligus jawaban saya saat ditanya Pangdam. Beliau sangat respek dan memotivasi saya untuk lebih aktif dalam mewujudkan Pancasila sebagai working ideoogy di masyarakat,” ungkap alumni Resimen Mahasiswa 804 Universitas Negeri Surabaya.

Menurut Yuswanto, inti gagasan yang diusulkan pada jajaran TNI, adalah intensitas tentang edukasi mental dan moral generasi muda. Utamanya materi yang berkaitan dengan Pancasila dan NKRI. TNI memiliki peran besar yang signifikan dengan skala prioritas bangsa Indonesia saat ini.

“Degradasi mental dan moral generasi muda, harus mendapat perhatian lebih. Nah, metode pendidikan versi militer sampai hari ini paling efektif diterapkan. Tujuannya agar generasi muda memiliki karakter Pancasila dan mengamalkannya demi kokoh dan kuatnya NKRI,” ujar pria kelahiran 14 Februari 1974 dan menjadi wartawan sejak 1997.

Yuswanto yang dikenal sebagai trainer outbound itu meyakinkan bila peran TNI disegala aspek pembangunan bangsa ini sangat vital. Tak hanya pada urusan stabilitas dan dinamisasi kehidupan masyarakat saja.

TNI harus mampu mengkritisi kebutuhan Indonesia dimasa yang akan datang. “Pelajar harus digembleng TNI agar betul-betul memiliki karakter generasi muda emas Indonesia,” tegas pengiat Gerakan Membumikan Pancasila di SMAN 1 Bangsal sejak dua tahun silam itu.

Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Caj (K) Candra Yuniarti, mengaku bangsa wartawan inilahmojokerto.com juara di LKTE.

“Saya turut bangga dengan prestasi yang diraih wartawan inilahmojokerto.com yang juga media mitra Korem 082 CPYJ. Prestasi itu setidaknya mencerminkan kekritisan jurnalis turut mengevaluasi kondisi masyarakat.

Menurut Kapenrem, ide atau gagasan dan saran yang disampaikan lewat karya tulisnya sangat aktual dan proporsional. “Oleh karenanya, semoga yang bersangkutan bisa lebih meningkatkan kualitas karyanya di tahun-tahun mendatang. Sekaligus berperanaktif turut mengedukasi masyarakat seputar Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bersama TNI,” ujar alumnus Universitas Diponegoro Semarang itu.(uyo)

Berita Terkait

Komentar