Polres Mojokerto Gunakan Command Center Tekan Kemacetan dan Kriminalitas selama Mudik Lebaran

IM.com – Sejumlah simpul di jalur nasional Kabupaten Mojokerto menjadi langganan kemacetan selama arus mudik. Lebaran tahun ini, polres setempat menerapkan sistem command center. Selain memudahkan memantau kemacetan, sistem ini juga menekan angka kriminalitas.

Kapolres Mojokerto AKBP Rachmat Iswan Nusi mengatakan, simpul langganan macet yang utama berada di jalur nasional Surabaya-Madiun. Meliputi simpang empat Trowulan, simpang lima Kenanten dan simpang empat Sekarputih.

Untuk itu, pihaknya memasang kamera pengawas (CCTV) di ketiga lokasi tersebut. Setiap persimpangan saat ini telah dipasang empat kamera pengawas yang terhubung langsung ke command center di kantor Polres Mojokerto. Di tempat ini terdapat empat layar pemantau yang dipelototi petugas selama 24 jam.

“Kalau terjadi kemacetan, dari command center akan menginformasikan ke anggota di lapangan untuk melakukan tindakan, supaya arus segera lancar,” kata Rachmat kepada wartawan, Jumat (2/6/2017).

Selain untuk mempercepat penanganan kemacetan selama arus mudik lebaran, lanjut Rachmat, sistem pemantau arus mudik lebaran sekaligus untuk menekan angka kriminalitas. “Apabila terjadi tindak pidana, maka kami lakukan penutupan jalur dan operasi untuk segera menangkap pelakunya,” tandasnya. (kus/uyo)

Berita Terkait

Komentar