Dandim 0815 Himbau Para Pemuda Waspadai Proxy War

IM.com – Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima memberikan pembekalan kepada peserta Seminar Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Pemuda Tahun 2018, di Pacet Mini Park Jalan Raya Pacet Km 55, Kamis (19/04/2018).

Kegiatan yang diprakarsai Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto bertemakan “Implementasi Nilai Wawasan Kebangsaan Pada Generasi Muda Sebagai Pilar Perkokoh Bangsa”, ini diikuti peserta terdiri dari IPNU-IPPNU, Ansor, GM FKPPI, Pengurus Forum Pembaruan Kebangsaan, mahasiswa dan praktisi pendidikan Kabupaten Mojokerto.

Dandim Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima memaparkan tentang potensi ancaman Bangsa Indonesia, salah satunya melalui proxy war, yaitu perang yang melibatkan pihak ketiga atau kelompok lain yang dilakukan negara maupun bukan negara.

Sasaran proxy war yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan dan kemanan. Proxy war ini dilakukan sebagai upaya untuk membuat disinformasi, fitnah, penyesatan persepsi, provokasi, mengalihkan isu dan pembunuhan karakter, papar Dandim.

Untuk itu diharapkan semua komponen bangsa terutama para pemuda harus menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa demi tetap tegak dan utuhnya NKRI sehingga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Sementara Wabup Pungkasiadi juga mengajak untuk melawan hoax dan ujaran kebencian yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa, terlebih menjelang Pemilukada serentak apabila tidak bijak dalam menggunakan Medsos maka akan menimbulkan opini negatif. (dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar