Kodim Mojokerto Bekali Materi Kebhinnekaan Nasional

IM.com – Perwira Penghubung Kodim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri menjadi pemateri pada kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester I TA. 2018 di Ruang Pertemuan Kodim Kota Mojokerto, Kamis (19/04/2018).

Dalam materi berjudul Kebhinnekaan Nasional Pabung memaparkan tentang sejarah Indonesia yang dimulai dari Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Menurut Imam Duhri semangat Kebhinekaan di era perjuangan dimunculkan pada Sumpah Pemuda sebagai tonggak sejarah perjuangan nasional, di mana para pemuda dari berbagai suku bangsa dari Nusantara bertekad untuk mempersatukan diri dalam bentuk pengakuan akan tumpah darah/tanah air, bangsa dan bahasa yang satu yakni Indonesia yang dikenal dengan “Sumpah Pemuda”.

Dijelaskan setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, Negara kita memiliki Konstitusi Negara yang dikenal dengan UUD 1945, Dasar Negara Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia (way of life). Kemudian dalam perjalanan sejarahnya kita mengenal Wawasan Nusantara yaitu cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan geografinya yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.(dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar