Pengolahan Sawah Pakai Traktor Lebih Efektif

IM.com – Menjelang persiapan masa tanam, Babinsa Desa Batankrajan Sertu Suyadi melaksanakan pendampingan pengolahan lahan Poktan Sejahtera-I di Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Kamis (19/04/18).

Kegiatan pengolahan sawah milik Puput, seluas 0,5 hektar yang akan ditanami padi kembali pasca- panen bulan ini, dilakukan dengan menggunakan satu unit traktor tangan TR2. Selain Babinsa, tampak pula Ketua Poktan Sejahtera-I, Sujarwo.

Sertu Suyadi, saat di lokasi mengungkapkan, pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor R2 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur sehingga saat ditanami akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa.

Menurut Puput, pemilik lahan, ia sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa di lapangan. Selain pendampingan langsung ke sawah, juga sering menghimbau para petani untuk mempercepat penanaman kembali usai panen sesuai petunjuk petugas penyuluh lapangan.

Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Kambali menuturkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa, dalam rangka percepatan tanam dan memberikan contoh kepada para petani agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat guna mendukung program ketahanan pangan. (dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar