Bupati MKP Ajak Setiap Orang Jadi Anggota Bank Sampah

IM.com – End Plastic Polution atau Hentikan Pencemaran Plastik, menjadi tema Peringatan Hari Bumi Tahun 2018 yang digelar Minggu (22/4-2018) pagi di Ekowisata Tanjungan, Kecamatan Kemlagi. Plastik menjadi isu lingkungan yang telah lama menjadi problem. Bahkan rasionya bisa dihitung 1 manusia bertanggungjawab terhadap 1 ton sampah plastik.

“Saat ini diperkirakan produksi plastik mencapai 8,3 miliyar ton, dimana 6,3 milyar ton dari jumlah itu berakhir sebagai sampah. Jumlah manusia di Bumi sekitar 7 milyar orang, artinya bisa dihitung 1 orang manusia bertanggungjawab terhadap 1 ton sampah plastik,” kata Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa.

Banyaknya problem dari sampah plastik seperti mikroplastik di lautan bahkan di air minum kemasan, hingga minyak bumi sebagai bahan baku pembuatannya yang berarti membuang plastik sama dengan membuang minyak bumi, mengharuskan kita untuk mencari cara mendaur ulangnya.

Namun sayangnya tingkat daur ulang plastik hanya sekitar 9 persen dari 9,3 milyar sampah plastik yang hasilnya masih kalah dengan produk plastik non daur ulang. Usaha pembuatan plastik ramah lingkungan, baru mampu memproduksi 8 ton saja.

Ditambahkan bupati Mustofa Kamal Pasa, bahwa Pemerintah Kabupaten Mojokerto telah rutin memberi pembinaan dan bantuan kepada masyarakat untuk menerapkan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle). Namun diakuinya bahwa Pemerintah Kabupaten Mojokerto tidak bisa melakukannya sendiri.(ika/uyo)

Berita Terkait

Komentar