Babinsa Sooko Dampingi Petani Pemupukan Padi Ciherang

IM.com – Dalam rangka mendukung dan mensukseskan swasembada pangan, para Babinsa di wilayah Koramil Sooko Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan upaya khusus ketahanan pangan berupa pendampingan terhadap petani yang ada di wilayah binaan masing-masing.

Kali ini Babinsa Koramil Sooko Pelda Agus Riantono dibantu Serda Asnawi melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi di lahan milik Soleh, Poktan Sri Rejeki 2, Dusun Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (30/04-2018).

Di lahan seluas 0,2 hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang ini, kegiatan pemupukan dilakukan anggota Poktan Sri Rejeki 2. Tampak pula PPL setempat dan Ketua Poktan Sri Rejeki 2 Desa Sambiroto, Nurchamim.

Di sela-sela kegiatan, Pelda Agus Riantono mengatakan, untuk memaksimalkan capaian produksi gabah saat panen nanti, diperlukan perawatan tanaman yang tepat dan benar, terlebih saat tanaman padi diserang hama atau penyakit.

“Termasuk pemupukan yang harus dilakukan saat tanaman padi berusia tujuh hari, dua puluh hari dan usia tiga puluh hari, namun tentunya jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat dan dikonsultasikan kepada PPL”, terangnya.

Terpisah Danramil Sooko Kapten Inf Didik Budi Santoso, mengatakan, pendampingan terhadap petani dan Poktan yang dilakukan para Babinsa sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan pertanian.

“Kegiatan pemupukan tanaman padi ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian hasil panen, sehingga diharapkan dengan adanya kenaikan produktifitas hasil panen maka dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah dan program swasembada pangan akan tercapai”, tandasnya. (dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar