Poktan Budi Karya 1 Dusun Gebangsari Melakukan Pemupukan Padi

IM.com – Kelompok Tani (Poktan) Budi Karya 1, Dusun Gebangsari Desa Gebangsari, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, melakukan pemupukan tanaman padi di lahan seluas 1,7 hektar milik anggotanya bernama Anang, Sabtu (05/05/2018).

Karena kehidupannya sudah puluhan tahun bergulat dengan sawah, pada umumnya anggota Poktan Budi Karya sudah memahami mengenai pemupukan tanaman padi yang tepat termasuk ukuran atau dosis takarannya serta waktu yang tepat sesuai fase-fasenya, mulai padi berumur satu minggu, dua puluh hari hingga padi berumur satu bulan.

Sebagaimana yang telah dilakukan pada masa-masa sebelumnya, tujuan pemupukan tersebut adalah untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanaman, memberikan nutrisi serta memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil produksi. Proses pemupukan cukup mempengaruhi keberhasilan aktivitas penanaman.

Selain pemupukan juga dilakukan perawatan tanaman untuk mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi. Idealnya para petani melaksanakan pemupukan ini secara serentak guna penanggulangan hama padi bisa berjalan efektif.

Saat pemupukan, para petani dibantu oleh Babinsa Jatirejo Serma Bahruddin Yuslam dari kesaturan Kodim 0815 Mojokerto.

Masih di wilayah Jatirejo, Babinsa Serda Husaini juga ditugaskan untuk membantu pengolahan sawah milik Munif dari Poktan Tani Mulyo, Dusun Semambungan, Desa Sumberagung.

Berita Terkait

Komentar