Padi Varietas Ciherang Disuka Petani Trowulan, Ini Keunggulannya

IM.com – Koramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815 Mojokerto masih terus berkomitmen untuk mensukseskan program swasembada pangan di wilayahnya. Hal itu dibuktikan dengan kerja keras para Babinsa yang aktif melakukan pendampingan terhadap petani di wilayah binaan masing-masing.

Tak terkecuali Babinsa Pakis Serda Mustain yang memonitor langsung kegiatan para petani dari Poktan Budi Harjo, Dusun Pakis Kulon Desa Pakis, yang saat itu sedang membajak sawah dengan menggunakan hand tractor, adapula yang ndaut (mencabut benih padi) dan ada yang melakukan tanam padi (tandur), Rabu 23/05/2018.

Di areal sawah seluas 0,75 hektar milik Sutawi yang ditanami jenis padi varietas Ciherang yang memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya umur lebih pendek dan berasnya dikenal punel. Varietas ini sangat populer di kalangan petani di wilayah Trowulan dan sebagian besar masyarakat Mojokerto.

Menurut Serda Mustain, kegiatan pendampingan yang dilakukannya ini sudah dimulai saat masa persiapan, pengolahan lahan, masa tanam dan perawatan hingga masa panen tiba. Hal ini dilakukan dengan harapan para petani termotivasi dan terpacu untuk lebih giat lagi dalam melakukan percepatan tanam. (dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar