Pemupukan Padi Varietas Ceherang ala Petani Trowulan

IM.com – Pencapaian hasil panen tanaman padi dipengaruhi beberapa faktor diantaranya pengolahan lahan, pemilihan benih dan persemaian, sistem tanam, pemupukan dan perawatan, jaringan irigasi dan kondisi cuaca.

Untuk memaksimalkan capaian hasil panen tersebut maka semua fase harus dilalui dan dilakukan secara tepat dan benar, sesuai arahan dari Petugas Penyuluh Pertanian (PPL).

Seperti dilakukan Mesran, anggota Poktan Makmur I Dusun Kejagan Desa Kejagan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Sabtu (30/06/2018). Di lahan seluas 1,5 hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang kegiatan pemupukan mendapat pendampingan Babinsa setempat Serda M. Amsul.

Masih di wilayah Trowulan, tepatnya di areal seluas 0,5 hektar yang ditanami padi varietas Ciherang, milik Sodikin
anggota Poktan Srijaya III, Dusun Kemasan Desa Sentonorejo juga dilakukan pemupukan tanaman padi yang mendapat pendampingan dari Babinsa setempat Serda Gatot Wahyudianto.

Saat di lokasi kegiatan, Serda M. Amsul dan Serda Gatot Wahyudianto mengatakan, untuk memaksimalkan capaian produksi gabah saat panen nanti, diperlukan perawatan tanaman yang tepat dan benar.

Seperti dalam pemupukan, harus dilakukan saat tanaman padi berusia tujuh hari, penyebaran pupuk dilakukan sesuai kebutuhan. Pemupukan berikutnya dilakukan saat tanaman padi berumur dua puluh hari dan usia tiga puluh hari, terangnya.

Terpisah, Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung percepatan pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah.

Masih kata Danramil, para Babinsa akan terus proaktif melaksanakan pendampingan terhadap petani dan Poktan yang ada di wilayah binaan masing-masing mulai tahap pengolahan lahan, masa tanam, perawatan termasuk pemupukan hingga masa panen. (dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar