Tradisi Kenduri Jelang Panen Padi

IM.com – Sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan, warga Dusun Buntel Desa Keras Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang menggelar kenduri menjelang masa panen maupun mengawali masa tanam yang diawali dengan memasak bersama di area persawahan, Selasa (10/07-2018).

Kegiatan yang digelar secara rutin itu kemudian menjadi tradisi yang terus dirawat di wilayah Desa Keras. Turut dalam gelar kenduri tersebut diantaranya personil Koramil 0814/02 Diwek Kodim 0814.

Tampak pula Pihak Bulog UPGB Tunggorono-2 Jombang, Ketua Poktan bersama pemilik lahan turut serta di lokasi serta tak ketinggalan Muspika Kecamatan Diwek. Di lahan milik Imam Mukti seluas tiga hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang ini, panen padi mampu menghasilkan gabah produksi seberat = 16.8 ton, produktivitas = 5,6 ton/Ha.

Dalam kesempatan itu Danramil 0814/02 Diwek Kapten Inf Suparman, menuturkan Babinsa akan terus bekerjasama dengan PPL untuk melakukan pendampingan terhadap petani dan kelompok tani.

“Pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini tidak hanya saat pengolahan lahan maupun perawatan namun ketika panen juga membantu kelancaran proses proses agar ketersediaan pangan serta ketahanan pangan tercapai sebagaimana ditargetkan pemerintah,” tegasnya.

Dengan adanya kenduri merupakan momen yang bermanfaat untuk membangun keakraban maupun komunikasi sosial yang baik antara TNI dan warga desa serta mamantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. (rem/uyo)

Berita Terkait

Komentar