BERITA PILIHAN >> HEADLINE >> Kesehatan >> Pendopo

Gerakan Indonesia Sehat, Dinkes Kota Mojokerto Gencar Kampanye Konsumsi Sabu

IM.com – Ayo hidup sehat mulai dari kita. Itulah tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018. Di Kota Mojokerto, amanat Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nina Faried Moeleok dibacakan Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Harlistyati sebagai inspektur upacara peringatan HKN di halaman Klinik Pratama DKT, Kamis (22/11-2018).

“Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS),” kata Harlis mengutip amanat Menkes RI.

Lebih lanjut disampaikan, masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. “Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah. Juga diharapkan peringatan HKN Ke 54, dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah,” sambungnya

Ketua Panitia HKN ke 54, Krestanto Setyo Nugroho menyampaikan peringatan HKN sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan swasta berperan serta dalam upaya kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Cristiana Indah untuk mendukung gerakan Indonesia Sehat, pihaknya terus kampanye makan sayur dan buah (Sabu). Termasuk survey keluarga sehat secara berkala.

Sementara berbagai kegiatan digelar Dinas Kesehatan memperingati HKN ke 54 di Kota Mojokerto. Seperti lomba dan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat antara lain bulan kegiatan gizi nasional, pelaksanaan hari cuci tangan sedunia, seminar gizi menu seimbang, tes kebugaran, seminar penanganan gangguan dengar bayi dan anak.

Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan pemenang hadiah lomba bulu tangkis putra yang dimenangkan RS Gatoel, juara kedua RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo sebagai juara ketiga RS Reksa Waluyo.

Lomba tarik tambang putra dimenangkan oleh RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo, juara kedua PMI, juara ketiga Dinas Kesehatan. Untuk lomba tarik tambang putri dimenangkan oleh Dinas Kesehatan, juara kedua RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo, juara ketiga RS Gatoel.

Lomba tenis meja putra dimenangkan oleh Dinas Kesehatan, juara kedua RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo, juara ketiga RSI Hasanah, lomba tenis meja putri dimenangkan oleh RS Rekso Waluyo, juara kedua RSI Hasanah, juara ketiga RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo.

Lomba voli putra dimenangkan oleh RS Rekso Waluyo, juara kedua RS Gatoel, juara ketiga RS Kamar Medika, lomba voli putri dimenangkan oleh RSI Hasanah, juara kedua RS Gatoel, juara ketiga RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan tenaga kesehatan teladan di Puskesmas tingkat nasional tahun 2018 kepada Nur Rachmah dari Puskesmas Wates, Puskesmas berprestasi kriteria perkotaan tingkat Provinsi Jawa Timur kepada Puskesmas Mentikan, serta pemberian sertifikat ODF (Open Defacation Free)yaitu stop buang air besar sembarangan kepada Kelurahan Gedongan dan Kelurahan Surodinawan.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional, jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Wakil Walikota terpilih Ahmad Rizal Zakaria beserta Ibu Nur Chasanah, segenap Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, direktur Rumah Sakit dan direktur Stikes se Kota Mojokerto. (ika/uyo)

Berita Terkait

Komentar