HEADLINE >> Pendopo >> Pesona Mojokerto >> Seni & Budaya

Festival Mojokerto Kuno Kini Angkat Kultur Mojopahit di Era Kekinian

IM.com – Festival Mojoketo Kuno Kini, dibuka Wali Kota Ning Ita di Gelora A Yani, Rabu (27/11-2019) malam. Melalui festival perpaduan dua konsep ini, diharapkan mampu membawa generasi milenial lebih mengenal warisan budaya dan sejarah.

Sedikitnya 99 peserta binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto, turut meramaikan pagelaran yang diselenggarakan sejak 27 November – 7 Desember 2019. Melalui perpaduan dua konsep kuno dan kini, Ning Ita sapaan akrab wali kota, mengajak semua warga kota untuk bernostalgia.

“Melalui konsep kuno dan kini, kami ingin generasi milenial dapat mengenal sejarah, budaya dan kesenian yang telah diwariskan oleh leluhur. Terutama dalam melestarikan peninggalan Majapahit yang berjaya pada abad 13 silam dengan kuatnya sistem perdagangan,” jelasnya.

Mengingat, lanjut Ning Ita, Kota Mojokerto saat ini mulai mengalami perubahan menuju kota pariwisata. Untuk itu, ia berharap kepada seluruh warga kota untuk turut andil dalam ekosistem perubahan kota. “Saya tidak mau, kalau warga saya hanya menjadi penonton saja. Tetapi, saya mau mereka menjadi pelaku didalamnya,” tegasnya.

Perlu diketahui, saat ini Kota Mojokerto yang merupakan kota terkecil di Indonesia, mulai mengalami banyak perubahan. Baik infrastruktur hingga kepariwisataannya. Ini tidak lepas dari cita-cita wali kota perempuan pertama Kota Mojokerto, yang ingin mengembalikan kejayaan Majapahit di era saat ini.

Serangkaian event bergengsi digelar sepanjang 2019. Ini merupakan itikat pemerintah kota untuk mewujudkan Kota Mojokerto sebagai kota pariwisata. Salah satu event terbesarnya adalah Mojospekta 2019. Event yang digelar selama lima hari berturut-turut ini, menghadirkan artis ibu kota Jenita Janet hingga desainer nasional dan internasional. (uyo)

Berita Terkait

Komentar