Bupati Ikfina Fahmawati saat menemui warga dalam kegiatan program Bulik Soima di Desa Tangunan, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Rabu (6/9/2023).

IM.com – Bupati Ikfina Fahmawati mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk memulai usaha. Dorongan untuk berwirausaha dibarengi dengan pembinaan untuk meningkatkan keterampilan KPM melalui program ‘Bulik Soima’.

Kegiatan Bulik Soima berlangsung di salah rumah warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial di Desa Tangunan, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Rabu (6/9/2023). Agenda yang diinisiasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto ini dikemas dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) PKH Kabupaten Mojokerto yang diikuti puluhan KPM PKH Desa setempat.


Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, kegiatan P2K2 modul ekonomi memulai usaha ini diharapkan KPM PKH Desa Tangunan terinspirasi untuk memulai berwirausaha. Sehingga ke depan, keluarga ini diharapkan bisa lepas dari bantuan PKH atau graduasi mandiri.

“Tidak hanya sekedar menyampaikan materi, tetapi mereka butuh keterampilan, salah satunya dengan memanfaatkan potensi usaha yang ada. Salah satu potensi yang bisa dimanfaatkan yakni pepaya. Dengan buah itu warga bisa mengolahnya untuk menjadi beraneka makanan,” terangnya

Ikfina juga berharap kedepannya, ibu-ibu yang telah ikut pelatihan tidak sekadar ikut pelatihan saja, tapi nantinya ada yang bisa meneruskan untuk membantu perekonomian rumah tangga mereka.

“Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga ini sangat bermanfaat, karena dengan adanya pertemuan tersebut, ibu-ibu termotivasi untuk membuat usaha sendiri dan bisa memanfaatkan tanaman disekitar, seperti pepaya dll. Karena disini pepaya sangat melimpah,” pungkasnya. (im)

59

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini