IM.com – Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, melantik empat orang kades (kepala desa) baru Pergantian Antarwaktu 2016. Yakni Atim Aziz Kades Terusan, Kecamatan Gedeg, Supriatin Kades Jambuwok, Kecamatan Trowulan, Fauzi Kades Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, dan Susanto Kades Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Senin (19/9) di Ruang Satya Bina Karya.

“Atas nama Pemkab Mojokerto, Saya ucapkan selamat atas terpilihnya kades yang terpilih secara demokratis, istimewa dan merupakan yang perdana di Kabupaten Mojokerto ini. Saya katakan istimewa sebab kades yang dilantik hari ini, telah melewati proses Pilkades Antarwaktu melalui musyawarah desa guna mengisi kekosongan jabatan kades sebelumnya yang masih tersisa masa jabatan lebih dari satu tahun (karena meninggal dunia atau bermasalah),” ucap wakil bupati.

Wakil bupati menyelipkan harapan agar kendala terkait aspek penyelenggaraan pemerintahan tingkat desa, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan, pelayanan publik dan sarana prasarana bisa tertangani dengan baik ke depannya.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekkab Mojokerto Rachmat Suharsono menyebut ada 10 desa di Kabupaten Mojokerto yang menjalankan Pilkades Antarwaktu 2016. Yakni Desa Kuripansari, Desa Cempokolimo, Desa Pungging, Desa Sumbertanggul, Desa Pekukuhan, Desa Karangdiyeng, Desa Gemekan, Desa Jambuwok, Desa Terusan dan Desa Gunungsari.


Pelaksanaan iti sesuai peraturan perundang-undangan, kades yang meninggal diberhentikan dari jabatannya berdasarkan laporan BPD setempat. Merujuk pada UU nomor 6/2014 dan PP nomor 43/2014, maka BPD setempat membuat laporan kepada bupati tentang meninggalnya kades.

Berdasarkan data yang ada, kades yang terjerat masalah hukum adalah Kades Cempokolimo Kecamatan Pacet dan Kades Karangdiyeng Kecamatan Kutorejo.Sedangkan delapan kades sisanya diganti karena kadesnya meninggal.

Hadir dalam pelantikan 4 kades PAW Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Herry Suwito, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Jazuli, dan Rachmad Suhariyono selaku Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Mojokerto. Juga dihadiri Kepala SKPD, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Gedeg, Mojosari, Trowulan dan Dawarblandong, Penjabat Kades, Ketua Badan Permusyawaratan serta ketua panitia Pilkades desa terlantik ini.(uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here