Program BUMN mengajar ini untuk memberikan informasi lebih di luar jam pelajaran kepada para siswa. tahun ini PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Juanda kebagian mengajar di lima sekolah di Jawa Timur.

IM.com – Program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mengajar 2016 digelar PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Udara Juanda Surabaya di SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto, Rabu 14/12-2016). Ratusan pelajar pun nampak bersemangat mendengar paparan Kolonel Yuwono, General Manager terkait dunia penerbangan hingga kesempatan berkarir di PT Angkasa Pura.

Kedatangan Kolonel Yuwono alumnus penerbang TNI AL juga alumni SMAN Sooko angkatan 1981 disambut meriah dengan yel-yel dan tarian Bedaya sebuah tarian kreasi Mojokerto menyambut tamu. Acara BUMN mengajar bertema “Yang muda yang semangat berkarya” berlangsung di aula Bangsal Parkir SMAN Sooko.

Selanjutnya Yuwono memaparkan informasi seputar dunia penerbangan di Indonesia yang tak banyak diketahui para pelajar. Mulai dari sejarah Bandara Juanda, profil PT Angkasa Pura I, profil Bandara Juanda saat ini, aneka istilah pelayanan di dalam bandara, hingga peluang karir di PT Angkasa Pura I.

“Program BUMN mengajar ini untuk memberikan informasi lebih di luar jam pelajaran kepada para siswa terkait bagaimana Angkasa Pura I mengelola beberapa bandara di Indonesia, apa saja yang diberikan ke pengguna jasa penerbangan dan juga langkah apa saja yang sudah diambil oleh bandara untuk memberi pelayanan yang lebih dari tahun ke tahun,” kata Yuwono.


Menurut dia, tahun ini PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Juanda kebagian mengajar di lima sekolah di Jawa Timur. Selain di SMAN Sooko, sebelumnya pihaknya telah bersafari ke SMAN Blitar, SMK Hangtuah Surabaya, SMK Penerbangan, dan SMK Sidoarjo. “Tahun depan tambah lagi, ada evaluasi, disamping juga ada bina lingkungan ada hibah ke sekolah terkait peralatan pendidikan,” ujarnya.

Lantaran menjadi informasi yang baru, pemaparan yang disampaikan Yuwono pun membuat para siswa semakin penasaran dengan dunia penerbangan di tanah air. Itu terlihat saat sesi tanya-jawab. Puluhan pertanyaan terlontar dari siswa kepada mantan Wakil Komandan Pusat Penerbangan TNI AL itu.

Namun, yang paling membuat siswa penasaran adalah peluang berkarir di PT Angkasa Pura I. Mayoritas pertanyaan siswa perihal syarat menjadi pegawai PT Angkasa Pura, tips menjadi pegawai BUMN yang sukses, hingga besaran gaji.

“Informasi ini sangat penting bagi kami. Karena setidaknya bisa menjadi referensi apa yang harus kami lakukan setelah lulus sekolah nanti,” ungkap Febeine Deva, siswa kelas XII SMAN Sooko.

Sementara Kepala SMAN Sooko, Endang Binarti menuturkan, kegiatan BUMN mengajar ini sengaja diarahkan untuk siswa kelas XII. Dia berharap anak didiknya memperoleh dua manfaat sekaligus, yakni selain informasi seputar dunia penerbangan, para siswa diharapkan mendapatkan referensi kesempatan berkarir di PT Angkasa Pura.

“Saat ini anak-anak khususnya kelas XII dalam masa galau karena harus mulai menyiapkan masa depannya, harus bertanggungjawab lebih karena tahun depan pilihan sebagai bekal hidupnya. Ini fase yg perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, tak terkecuali para alumnus,” tandasnya.(rama/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here