Pemudik lebaran yang menggunakan kendaraan pribadi dihimbau lebih waspada dan banyak istrirahat

IM.com – Mudik atau pulang ke kampung menjadi momen paling dinanti saat lebaran. Namun, jangan sampai rencana berkumpul dengan keluarga besar justru pupus akibat insiden di jalan. Polisi mengimbau agar pemudik ekstra hati-hati melalui beberapa jalur mudik berikut ini karena rawan kecelakaan, tindak kejahatan dan bencana alam.

Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Wikha Ardilestanto mengatakan, jalur mudik rawan kecelakaan di sepanjang jalan nasional Surabaya-Madiun, mulai simpang tiga Jampirogo, Kecamatan Sooko hingga tugu perbatasan Mojokerto-Jombang di Kecamatan Trowulan.

Menurut dia, para pemudik cenderung tancap gas selepas terjebak macet di simpang lima Kenanten. Sementara di sepanjang rute ini terdapat banyak jalan kecil yang menjadi akses kendaraan masuk ke jalur nasional.

“Sehingga rawan terjadi tabrakan dengan kendaraan yang keluar dari jalan kecil,” kata Wikha kepada inilahmojokerto.com, Minggu (11/6/2017).

Di jalur alternatif mudik Mojokerto-Malang via Pacet-Cangar, Kota Batu, lanjut Wikha, juga rawan terjadi kecelakaan. Pasalnya, rute di daerah ini khas pegunungan berupa tanjakan dan turunan curam.

Para pemudik yang belum menguasai medan dan tak cukup mahir mengemudi, diimbau tak melalui jalur ini. Khususnya saat melalui turunan curam yang kerap membuat kendaraan mengalami rem blong akibat terlalu lama melakukan pengereman.

“Kami imbau kalau melalui jalur ini supaya memakai gigi satu. Banner imbauan sudah banyak kami pasang di jalur ini untuk mengingatkan pemudik,” ujarnya. (kus/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here