IM.com – Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815 Mojokerto terus bersinergi dengan instsansi UPT Puskesmas Jatirejo sosialisasi peran Babinsa, Bidan, Perawat Desa. Kegiatan yang dihadiri 50 orang ini diselenggarakan di Aula Puskesmas Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jum’at (14/07/2017).

Sejumlah 50 orang hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf MR. Harjono, S.Sos., Kepala UPT Puskesmas Jatirejo M. Sugeng Purwanto, S.KM., Staf UPT Puskesmas Jatirejo, Bidan Desa, Perawat Desa dan Babinsa Koramil 0815/15 Jatirejo

Kepala UPT Puskesmas Jatirejo M. Sugeng Purwanto, S.KM., menyampaikan kegiatan ini untuk menjalin kerja sama lintas sektoral yang lebih sinergi dalam kegiatan di tingkat desa di wilayah kerja Puskesmas Jatirejo yang meliputi 58 dusun dan 19 desa.

Dalam fungsinya sebagai pusat pembinaan peran serta masyarakat dan sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bertanggungjawab atas wilayah kerjanya, Puskesmas melaksanakan beberapa program dan kegiatan diantaranya Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), kegiatan Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Pertemuan Kader Kesehatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat.


Agar program dan kegiatan tersebut berhasil secara maksimal diperlukan kerja sama antara Bidan Desa, Perawat Desa dan Babinsa. “Pentingnya kebersamaan dan kerja sama adalah komitment kita untuk Jatirejo Sehat, melalui kegiatan mencegah sejak dini dari pada mengobati dampak dari tidak menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf MR. Harjono, S.Sos,. mengatakan, pihak Koramil 0815/15 Jatirejo siap membantu dan mensukseskan program dan kegiatan UPT Puskesmas Jatirejo di tingkat desa. Puskesmas merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat sekaligus unit terdepan dalam pembangunan kesehatan menuju tercapainya peningkatan derajat kesehatan.

Tambah Danramil, Untuk mensukseskan program dan kegiatan Puskesmas, para Babinsa agar memonitor dan membantu pelaksanaan kegiatan Bidan Desa dan Perawat Desa sesuai jadwal yang telah diserahkan UPT Puskesmas ke Koramil 0815/15 Jatirejo.

Danramil juga menghimbau pentingnya memberikan contoh pada masyarakat tentang menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan turut serta mendorong masyarakat agar bayinya sehat, bebas penyakit sehingga generasi muda bangsa akan semakin berkualitas. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here