Bersama Tiga Pilar puluhan warga Desa Balongmasin donor darah

IM.com – Tiga Pilar Desa Balongmasin Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto menggandeng Puskesmas Pembantu Balongmasin menggelar donor darah di Balai Desa Balongmasin, Pungging Mojokerto, Senin (17/07/2017).

Kegiatan donor darah bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Mojokerto, dihadiri antara lain, Kades Balongmasin Ulis Sumardi, Babinsa Serda Mahrawi dan Bhabinkamtibmas Brigadir Anjar Sidik Permono, SH.,Kepala Puskesmas Pembantu (Pustu) Balongmasin Hj. Endang Yuliastutik, Amd.Keb., beserta Staf dan perangkat desa.

Dari 50 peserta yang tercatat, hanya 43 orang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya. “Ini disebabkan tensi tinggi dan HB kurang normal. Melalui donor darah akan melancarkan sirkulasi darah dan dapat mengetahui kondisi kesehatan, selain itu untuk membantu sesama,”ucap Endang Yuliastutik, Amd. Keb.

Kades Balongmasin Ulis Sumardi yang ada di lokasi kegiatan mengatakan, donor darah ini merupakan kegiatan sosial sekaligus ibadah untuk membantu sesama. Selain itu dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memerangi Narkoba dan penyakit HIV/AIDS.


Betapa penting dan mahalnya kesehatan bagi kehidupan masyarakat, donor darah juga sebagai sarana mendeteksi secara dini warga yang mengkonsumsi Narkoba dan yang terinfeksi virus HIV/AIDS. “Saat ini Indonesia Darurat Narkoba sehingga peredaran Narkoba sangat marak sampai ke pelosok desa”, tegas Kades.

Untuk diketahui, Tiga Pilar Desa Balongmasin yakni Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan menggandeng Pustu dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Kegiatan donor darah ini akan terus dilangsungkan setiap 3 – 4 bulan sekali’, pungkas Kades yang diamini Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kegiatan donor darah direspon antusias warga, terlihat dari jumlah yang hadir dalam kegiatan tersebut, selain itu adanya kesadaran warga akan pentingnya hidup sehat. Tampak Babinsa Serda Marhawi bersama Staf Puskesmas Pembantu Balongmasin turut serta mencatat dan mengabsen warga yang mendonorkan darah. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here