Puluhan hektar tanaman pertanian di Kabupaten Mojokerto masih diserang hama

IM.com – Hama masih menyerang tanaman milik petani di Kabupaten Mojokerto. Salah satunya hama wereng batang coklat yang telah mengakibatkan tanaman padi di lahan puluhan hektar rusak dan petani gagal panen. Kondisi demikian berdampak terhadap kelangsungan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kondisi itu, mendapat perhatian serius dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dan Kodim 0815 Mojokerto yang berperan tugas mengawal ketahanan pangan. Cara yang dilakukan Dinas Pertanian dan Kodim melalui jajaran dibawah, dengan gerakan pengendalian organisme penganggu tanaman.

Seperti dilakukan di wilayah Kecamatan Pungging, Koramil melalui Babinsa, Sertu Arbah bersinergi dengan PPL, Petugas OPT dan Kelompok Tani, melakukan penyemprotan di lahan pertanian Poktan Tani Mulyo Dusun Jogodayoh Desa Jabontegal, Senin (31/07/2017).

Penyemprotan di lahan seluas 10 hektar menggunakan 20 unit handsprayer kapasitas 8 – 10 liter dan dibantu obat-obatan dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto sebanyak 10 liter yang diperuntukan bagi 20 orang petani.


Kegiatan Gerdal OPT diikuti sedikitnya 30 orang, antara lain Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Sukar, Kordinator PPL Kecamatan Pungging Abdur Ro’uf, SP., Anggota UPT Dinas Pertanian Kecamatan Pungging, Ka Poktan Tani Mulyo Dusun Jogodayoh Desa Jabontegal M. Slamet Urip dan Anggota Poktan Tani Mulyo. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here