Wilayah Mojokerto sudah mampu swasembada pangan karena mesin pertanian sudah diberikan kepada para kelompok tani di setiap desa di wilayah Jawa Timur

IM.com – Wilayah Mojokerto sudah mampu swasembada pangan karena mesin pertanian sudah diberikan kepada para kelompok tani di setiap desa di wilayah Jawa Timur.Mengingat minimnya operator alat mesin pertanian, maka Dinas Pertanian menyiapkan operator yang akan mengajari para petani sehingga mampu menggunakannya.

Ir. Rika Rahmawati dari Badan Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim menyampaikan pendapatnya di sela acara panen raya di area Gapoktan Sari Murni Dusun Pekuwon RT 07 RW 04 Desa Pekuwon Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto.
Menurutnya, BPTP sudah mensosialisasikan benih varietas Inpari-3, bagi petani yang membutuhkan benih tersebut silahkan koordinasi dengan BPTP Jatim UPT Mojokerto.

Prosesi panen raya dihadiri oleh Danramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto diwakili Bati Tuud Pelda Heri Purwanto bersama Staf BPTP Jatim Ir. Rika Rahmawati serta Camat Bangsal Drs. Moch. Riduwan, Rabu (08/08/2017).

Di area seluas 7 Ha, panen raya dilakukan dengan menggunakan mesin Alsintan Combine Harvester dihadiri 150 orang, antara lain Staf Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Ir. Pauna, Koordinator PPL Kecamatan Bangsal Indah, SP., Kepala Desa Pekuwon Drs. Imam Syafi’i, tokoh masyarakat, Mahasiswa Unesa Peserta KKN, anggota Gapoktan Sari Murni dan undangan.


Pihak Forpimka Bangsal diwakili Camat Bangsal Moch Riduwan, dalam sambutannya berharap, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dapat membantu alat mesin pertanian dan benih bagi kelompok tani dalam rangka peningkatan produksi pertanian

Sementara Kades Pekuwon Imam Syafi’i mengatakan bahwa Desa Pekuwon yang melaksanakan panen raya hari ini seluas 7 hektar, kegiatan panen raya ini dapat terlaksana atas bimbingan dan pendampingan yang dilakukan pihak TNI dan PPL Kecamatan Bangsal.

Dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Ir. Pauna, menyampaikan bahwa alat mesin pertanian yang sudah siap diantaranya mesin tanam Jarwo (transplanterrice), pihak Poktan atau Gapoktan melalui desa dapat mengajukan pinjaman Alsintan (alat mesin pertanian).

Pemerintah akan terus memberikan bantuan kepada petani berupa benih dan pupuk subsidi termasuk menambah luas tanam padi sehingga petani dapat meningkatkan proksi pertanian padi.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here