IM.com – Ribuan warga Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto berduyun-duyun ke lapangan Desa Jetis untuk mengikuti gerak jalan memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-72. Mereka terbagi dalam 231 regu mewakili SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAN dan peserta umum, Sabtu (20/08/2017).

Melibatkan diri dalam perayaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bisa diartikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hadiah yang begitu agung berupa kemerdekaan. Juga sebagai bentuk terimakasih kepada para pejuang yang bertaruh nyawa untuk membebaskan bangsanya dari cengkeraman penjajah.

Beberapa peserta menyatakan, sejak awal Juli kelompoknya sudah berlatih baris-berbaris dengan menggunakan kostum yang digunakan dalam senam bersama setiap Minggu pagi.

“Setiap ada acara Agustusan saya selalu ikut, selain merasa seneng juga menyenangkan para pahlawan yang telah bersusah payah mewariskan kepada kita hidup merdeka,” kata peserta yang oleh teman-temannya dipanggil Bu Prapto.


Lain lagi penuturan peserta dari kelompok umum bernama Marzuki, “kita ini tinggal enaknya saja, nggak susah payah ikut perang dan macam-macam penderitaan di masa penjajahan.

Sekarang kita hanya tinggal mengisi hasil jerih payah para pejuang dengan menjalankan kehidupan dengan sebaik-baiknya. Karena itu ketika diajak ikut gerak jalan,tanpa pinggir panjang saya menyata ikut. Mengikuti acara seperti inilah salah satu bentuk ungkapan terimakasih kepada para pahlawan.”

Cukup panjang jarak tempuh para peserta, yakni 6,5 Km dengan titik pemberangkatan di lapangan Desa Jetis kemudian mengarah ke Jetis – Desa Parengan – Desa Mojolebak – Desa Bendung –Desa Kupang dan berakhir di kantor Kecamatan Jetis.

Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto bersama Camat Jetis Drs. Moch. Malik, MM dan Kapolsek Jetis Kompol Siwoyo, SH melepas peserta gerak jalan sembari mengibarkan bendera.

Warga sepanjang rute tampak terhibur oleh adanya gerak jalan tersebut sambil mengamati penampilan peserta yang menggunakan kostum warna-warni. Suasana perayaan Hari Proklamasi RI tahun ini berlangsung meriah.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here