28 kelompok tani di 28 Dusun dan 7 Desa di wilayah Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto menerima bantuan benih padi subsidi varietas Ciherang dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto

IM.com – Sejumlah 28 kelompok tani di 28 Dusun dan 7 Desa di wilayah Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto menerima bantuan benih padi subsidi varietas Ciherang dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Kamis (24/08/2017).

Pendistribusian benih padi subsidi varietas Ciherang produk PT. Pertani sebanyak 16.880 Kg tersebut mendapat pendampingan dari Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Sertu M. Irfan dan PPL Dawarblandong Hariyanto, SP dan Mariyah, SP.

Proses distribusi benih subsidi varietas Ciherang kepada 28 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di 28 Dusun di 7 Desa menggunakan 1 unit truk dan 2 unit colt station memakan waktu selama tujuh jam setengah.

Adapun kelompok tani yang menerima benih subsidi tersebut, antara lain 4 Poktan di 4 Dusun Desa Brayublandong yakni Poktan Tani Mulyo, Poktan Seger Waras, Poktan Tani Rukun dan Poktan Mardi Tani, masing-masing mendapat 625 Kg dan diterima oleh Ka Poktan.

Untuk 6 desa lainnya yakni Desa Pucuk 5 Poktan di 5 dusun, Desa Bangeran 3 Poktan di 3 dusun, Desa Gunungan 4 Poktan di 4 Dusun, Desa Temuireng 4 Poktan di 4 Dusun, Desa Randegan 5 Poktan di 5 dusun dan Desa Madureso untuk 3 Poktan di 3 dusun.

Menurut PPL Dawarblandong, Haryanto, SP, pendistribusian benih unggul subsidi varietas Ciherang bagi 28 Poktan tersebut disesuaikan dengan luas areal yang dikelola Poktan, ada Poktan yang menerima minimal 325 Kg dan maksimal 875 Kg.

Untuk diketahui benih padi unggul varietas Ciherang lebih tahan terhadap hama wereng coklat dan benih ini baik ditanam di sawah irigasi dataran rendah sampai ketinggian 500 meter dpl. Namun untuk mencapai hasil yang maksimal, tidak cukup dengan ketersediaan benih varietas unggul saja akan tetapi harus didukung dengan sistem tanam padi dan cara pengelolaan dan pemupukan yang tepat serta dukungan sistem irigasi yang memadai. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here