Tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 40,5 Km telah tersambung penuh setelah konstruksi di seksi 2 dan 4 tuntas.

IM.com – PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) menuntaskan konstruksi seksi 2 dan 4 ruas Tol Mojokerto-Kertosono. Dengan begitu, jalan bebas hambatan sepanjang 40,5 Km itu tersambung penuh dan siap dioperasikan.

“Konstruksi di seksi 2 dan 4 sudah 100 persen,” kata Humas PT MHI Dela Rosita, Selasa (29/8/2017).

Selain merampungkan konstruksi jalan, menurut Dela, PT MHI sebagai pemegang hak konsesi Tol Mojokerto-Kertosono juga telah menuntaskan pemasangan rambu-rambu lalu lintas, penerangan jalan umum (PJU) dan pembersihan sisa material konstruksi.

Namun, PJU tak dipasang menyeluruh di sepanjang seksi 2 dan 4. Lampu penerangan hanya dipasang di simpang susun, rest area dan gerbang tol. “Kalau PJU hanya di beberapa titik karena ini tol provinsi, lampu tak diharuskan di semua titik,” ujarnya.

Saat ini, menurut Dela, seksi 2 sepanjang 19,9 Km dalam proses uji laik operasi dan laik fungsi yang salah satunya dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Sehingga pengoperasian seksi 2 menunggu sertifikat laik operasi dari BPJT.

“Uji kelayakan kewenangan tim penguji. Harapan Kami September nanti sudah bisa diujicoba setelah dapat serifikat laik operasi,” terangnya.

Dela menambahkan, uji laik operasi dan laik fungsi hanya dilakukan di seksi 2. Sementara uji di seksi 4 dilakukan setelah ruas tol Solo-Kertosono selesai. Pasalnya, jalan sepanjang 0,9 Km itu menjadi konektor antara Tol Mojokerto-Kertosono dengan Tol Solo-Kertosono.

Ruas Tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 40,5 Km terbagi dalam 4 seksi. Selama ini hanya seksi 1 dan 3 yang telah dioperasikan. Seksi 1 sepanjang 14,7 Km dioperasikan sejak Oktober 2014. Bagian ini menghubungkan Bandar Kedungmulyo dengan Tembelang Kabupaten Jombang.

Seksi 3 sepanjang 5 Km antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis, dioperasikan Desember 2016. Ruas tol ini terkoneksi dengan seksi 4 tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Dengan selesainya seksi 2 dan 4, jalan bebas hambatan bagian dari tol Trans Jawa ini tersambung sepenuhnya sepanjang 40,5 Km.

Sementara Seksi 2 sepanjang 19,9 Km membentang antara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto. Seksi 4 yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono, membentang antara Desa Gondangmanis dan Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. (kus/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here