Pengendara lebih banyak menggunakan Emotional Quotient (EQ) daripada Intelligence Quontinet (IQ) saat di jalan raya

IM.com – Satlantas Polres Mojokerto menggelar Training Emotional dan Spiritual Quotient (ESQ) Riding untuk menekan angka kecelakaan yang cenderung masih tinggi di wilayah hukum Polres Mojokerto. Kali ini, sasarannya yakni PT Ittihad Rahmat Utama (MPS) di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Kasatlantas Polres Mojokerto, AKP Wikha Ardilestanto mengatakan, pemilihan sasaran tidak lain karena sebanyak 95 persen buruh pabrik rokok tersebut merupakan perempuan. “Karena saat di jalan raya rata-rata pengendara lebih banyak menggunakan Emotional Quotient (EQ) daripada Intelligence Quontinet (IQ) saat di jalan raya.

Kasat menjelaskan, jika tujuan kegiatan tersebut tidak lain agar buruh pabrik yang didominasi kaum perempuan tersebut cerdas otak dan hati dalam berkendara. Karena tren kecelakaan di wilayah hukm Polres Mojokerto masih tinggi, apalagi yang melibatkan ibu-ibu.

“Jadi pemahaman ESQ ini penting, utamanya bagi para kaum ibu-ibu. Ditambah kajian kepolisian, kecelakan yang terjadi di jalan raya faktor utamanya yakni human error hingga menyebabkan korban jiwa. Kegiatan ini, juga kita gelar dalam rangka HUT Polantas ke 62,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tanks Institut Indonesi, Ketut Abid Halimi menjelaskan, ESQ Riding merupakan metode baru di Indonesia untuk menekan angka kecelakaan dengan pembenahan mentalitas. “Karena dengan metode ini, orang tidak gampang emosi dan marah di jalan,” tuturnya.(ning/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here