Target Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan antara lain yakni pencapaian target program, penurunan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan peserta MKJP

IM.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, membuka Pencanangan Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Kabupaten Mojokerto tahun 2017 yang mengambil tema Dengan Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan Ibu dan Anak serta Kualitas dan Kesejahteraan Keluarga di Pendopo Graha Majatama Senin (16/10-2017).

Pencanangan ditandai pemukulan gong oleh Ikfina didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto, Joedha Hadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto, Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Mojokerto, Yayuk Pungkasiadi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mojokerto, Diah Ratna Herry Soewito.

Dalam sambutan dan materi pendahuluannya, Ikfina menyampaikan beberapa target Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan serta standar penyajian kegiatan lomba.

“Target Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan antara lain yakni pencapaian target program, penurunan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan peserta MKJP (Metode KB Jangka Panjang) dan peningkatan peran serta masayarakat melakukan program pemberdayaan,” ujar Ikfina.


Untuk standar penyajian lanjut Ikfina kegiatan lomba dibagi menjadi dua. Pertama, 5 Pelayanan Dasar Posyandu serta inovasi (16 kegiatan wajib dan 11 kegiatan inovasi). Kedua, kegiatan pengembangan Posyandu beserta inovasinya (11 kegiatan wajib dan 9 kegiatan inovasi).

Ikfina tidak lupa meminta kerjasama antara PKK – KB – Kesehatan dalam mengejar target program kerja yang sudah ditetapkan sampai akhir Desember 2017. Target ini dikatakannya sebagai sebuah indikator dari kinerja dan pengabdian diri.

Pada November akhir sudah harus bisa menentukan pemenang Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Kabupaten, karena akan diajukan ke Tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Mojokerto.

“Saya minta kerjasama antara PKK – KB – Kesehatan untuk memenuhi target program sampai akhir Desember 2017. Target ini adalah sebuah indikator kinerja dan keseriusan kita dalam menjalankan tugas,” tambahnya di acara yang dihadiri kurang lebih 275 orang.

Dalam acara ini juga diberikan materi dengan tema Keluarga Berkualitas oleh Kepala Dinas P2KBP2 Kabupaten Mojokerto, Joedha Hadi, serta penyampaian capaian Dinas Kesehatan berikut progress pembangunan maupun perkembangan fasilitas kesehatan di Kabupaten Mojokerto (27 Puskesmas termasuk Pustu dan Ponkesdes) serta akreditasi, oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin. (ika/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here