Danramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Kapten Chb Djenal Abidin memberikan pembekalan materi bela negara bagi Satuan Linmas Desa Wonosari

Danramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Kapten Chb Djenal Abidin memberikan pembekalan materi bela negara bagi Satuan Linmas Desa Wonosari yang diselenggarakan Pemerintah Desa Wonosari berlangsung di Balai Desa Wonosari Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Kamis (26/10/2017).

Dalam materinya yang bertajuk “Bela Negara”, Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Chb Djenal Abidin menyampaikan, bela negara merupakan hak dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia termasuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas). Untuk itu Linmas harus benar-benar memahami fungsi dan perannya dalam menjaga keamanan lingkungan, jelas Danramil.

Dikatakan, Linmas harus membekali diri sehingga mampu memahami situasi dan kondisi desa serta dapat mendeteksi setiap kerawanan yang timbul di lingkungan masyarakat. Linmas juga dalam melaksanakan tugasnya harus bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang dalam pelaksanaannya dikoordinasikan oleh kepada desa selaku pemangku masyarakat.

Sementara Camat Ngoro, Muhammad Hidayad menyampaikan, Linmas merupakan ujung tombak keamanan lingkungan desa.Seorang Linmas harus bangga karena selalu dibutuhkan sebagai keamanan desa baik dalam kondisi normal maupun pada moment tertentu, seperti Pilkada, Pileg dan Pilpres.


Selain Danramil, pemateri lainnya dalam pembinaan Linmas tersebut, yaitu Kapolsek Ngoro Kompol Khoirul Anam yang menyampaikan materi Hartibmas. Dia menyatakan, fungsi Linmas yang harus berperan aktif dalam membantu menjaga keamanan lingkungan desa maka dari itu perlunya pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan atau mengatasi tindak kejahatan di dalam lingkungan desa.

Moh. Yasin Hasyim, Kades Wonosari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forpimka Ngoro yang telah hadir untuk memberikan pembekalan dalam kegiatan Pembinaan Linmas ini, dan mengharapkan kegiatan semacam ini dilaksanakan secara berkelanjutan karena Linmas merupakan satuan keamanan lingkungan desa sehingga Linmas harus memiliki kemampuan pengetahuan dan fisik yang prima.

Usai menerima meteri pembekalan, para anggota Linmas Desa Wonosari sebanyak 40 orang menerima pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) oleh Babinsa Wonosari Sersan Kepala Muhammad Dong yang memberikan materi antara lain Sikap Sempurna, Sikap istirahat, gerakan perubahan arah, Gerakan berjalan dan tata cara penghormatan.

Selain Forpimka, hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Bhabinkamtibmas Wonosari Aiptu Dedi M, Perangkat Desa Wonosari. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here