Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter meningkatkan kualitas dan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat diikuti 188 personel.

IM.com – Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan V TA. 2017. Kegiatan untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat diikuti 188 personel.

Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, S.H., diwakili Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos menegaskan,pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) harus didukung kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia.

Melalui Binsiap Apwil dan Puanter ini, lanjut Kasdim, diharapkan para Babinsa menyimak, memahami dan mencermati ilmu atau pengetahuan yang diberikan narasumber sehingga dapat diterapkan saat pelaksanaan tugas di lapangan.

“Aparat kewilayahan harus memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan pola tindak dalam menjalankan tugas serta mampu berintegrasi dengan komponen masyarakat lainnya”, tegas Kasdim di ruang pertemuan Makodim Rabu (15/11/2017).


Kegiatan dilanjutkan pemberian materi, meliputi Sikap Teritorial oleh Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno, Metode Binter oleh Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat, Lima Puan Ter oleh Danramil 0815/09 Mojosari Kapten Inf Wiyanto, Penanggulangan Bencana Alam oleh Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR Harjono, S.Sos, Penanggulangan Terorisme oleh Pasi Inteldim 0815 Kapten Inf Heru Widodo CP, serta Materi Netralitas TNI – Polri oleh Pabungdim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut juga dihadiri Pasi Bintahwil Ster Rem 082/CPYJ Mayor Inf Puguh Jatmiko selaku Tim Wasev, yang menyampaikan, kegiatan ini harus dilaksanakan secara maksimal karena sudah program dari Komando Atas dan untuk produk harus sesuai dengan format atau Juknis yang telah ditentukan. Disampaikan pula agar para Babinsa jangan pernah bosan untuk belajar dan berlatih guna meningkatkan kemampuan.

Sementara itu, Pasiterdim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono selaku Koordinator Kegiatan, menandaskan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi Apkowil, untuk itu agar kegiatan ini dimaksimalkan sehingga para Babinsa dapat menerapkannya di lapangan. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here