IM.com – Longsor sepanjang 10 meter dari ketinggian 15 meter di tebing jalan Jurang Gembolo Desa Cembor terjadi pada Minggu (07/01-2018) petang. Dampaknya akses dari Pacet ke Trawas maupun sebaliknya ditutup sementara.

Untuk membuka kembali akses jalan yang dipenuhi material longsor akibat hujan deras, Koramil, Polsek Pacet dan BPBD Kabupaten Mojokerto, relawan serta warga melakukan pembersihan secara manual. Namun tumpukan material setinggi 4 meter membuat kesulitan para petugas yang melakukan pembersihan.

Hingga pukul 22.00 WIB, baru 40 persen material berhasil dibersihkan. Pembersihan manual dilanjutkan Senin (08/02/2018) dibantu Dinas PU Bina Marga, Perhutani menggunakan alat seadanya.

Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Kapten Inf Suparno mengatakan, longsornya tebing di kawasan Jurang Gembolo tersebut hanya menutup akses jalan untuk sementara waktu. Sejak Minggu sore jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan sistem buka tutup. “Beruntung saat terjadinya longsor tidak ada pengguna jalan yang melintas, sehingga tidak ada korban jiwa, terangnya.


Danramil, juga menghimbau masyarakat atau pengguna jalan yang melintasi jalur alternatif Pacet – Trawas atau rute rawan longsor lainnya agar lebih waspada terlebih disaat hujan terjadi dengan intensitas tinggi karena khawatir terjadi longsor susulan. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here