IM.com – Sebagai bentuk partisipasi memperbaiki ketahan pangan, Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto semakin giat kegiatan melakukan pendampingan pada kelompok petani saat saat mengolah persawahan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Mlaten Koramil 0815/04 Puri Sertu Pahri saat pemupukan dan penyiangan tanaman padi dilahan seluas 2 Ha milik Suraji anggota Poktan Sido Makmur III Dusun Bedok Desa Mlaten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, (26/01/2018).

Pada area berbeda, Babinsa Kenanten Serda Akhmad Subandi, juga melakukan pendampingan pemupukan padi di lahan seluas 2,5 Ha milik Khambali anggota Poktan Tani Rahayu IV Dusun Karangwungu Desa Kenanten.

Menurut Danramil 0815/15 Kpdim 0815 Mojojokerto Kapten Inf Supriyanto, diterjunkannya para Babinsa ke sawah guna membantu petani melakukan perawatan tanaman padi. Fase tersebut sangat penting dilakukan dengan melakukan pemupukan terukur dan seimbang sehingga padi yang ditanam bisa tumbuh subur dan berkembang baik.


Selain pemupukan juga harus dilakukan penyiangan, yaitu membersihkan tanaman padi dari rumput atau gulma agar perkembangan rumpun tanaman padi tidak terhalang sehingga dapat berkembangbiak sempurna. Dengan perawatan seperti itu diharapkan saat panen bisa meraih hasil produksi secara optimal.

“Ini salah satu upaya khusus (Upsus) dalam pendampingan ketahanan pangan guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang sudah dicanangkan pemerintah”, pungkas Danramil. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here