IM.com – Danramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto, turun langsung dalam kegiatan imunisasi Outbreak Responze Immunization (ORI) Difteri di SMAN Bangsal dan MI Nurul Hidayah Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Selasa (06/02/2018).

Di dua lokasi SMAN Bangsal dan MI Nurul Hidayah, pemberian vaksin difteri dengan sasaran 1.400 anak, dilakukan Tim Kesehatan UPT Puskesmas Bangsal dipimpin Arshila Qisti Sanjani beserta 15 orang. Termasuk dihadiri Kasek SMAN Bangsal Suyono, S.Pd., M.M.Pd beserta para guru, Kasek MI Nurul Hidayah Imam Mukhyidin beserta para guru, Wakapolsek Bangsal Ipda Moh. Khusen, Babinsa Koramil Bangsal 5 orang dan Bhabinkamtibmas setempat.

Sehari sebelumnya, masih di wilayah Bangsal, juga dilangsungkan Sosialisasi ORI Difteri di UPT Puskesmas Bangsal dihadiri sekitar 50 orang, antara lain Camat Bangsal diwakili Sekcam M. Dikron, SH., Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Arh Anang Supriyanto, Wakapolsek Bangsal Ipda Moh. Khusen, Para Kades dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Bangsal.

Dalam sosialisasi ORI Difteri tersebut, Kepala UPT Puskesmas Bangsal dr. Ninis Budi Utami menyampaikan, kegiatan ORI Difteri ini dilaksanakan serentak, pada Bulan Pebruari – Juli – Nopember 2018 dengan sasaran anak-anak umur 1 – 19 tahun.


Selain Difteri, penyakit lainnya yang perlu diantisipasi yaitu demam berdarah terlebih di saat musim hujan di mana banyak jentik nyamuk, untuk itu biasakan hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah kita masing-masing.

Sementara penyampaian materi Difteri oleh dr. Dery yang menjelaskan tentang penyebab, gejala, penularan, pengobatan difteri dengan antibiotik dan antitoksin yang dikonsumsi selama 2 minggu, serta pencegahan difteri.
Untuk pencegahan difteri melalui pemberian vaksin DPT (Difteri, Tetanus dan Pertusis) bagi Balita minimal 3 kali. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi Demam Berdarah oleh Staf UPT Puskesmas Bangsal Edy Gantiyanto.

Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Arh Anang Supriyanto, mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ORI Difteri yang dilakukan UPT Puskesmas Bangsal, baik yang berlangsung di sekolah, Posyandu maupun di Puskesmas sendiri. “Kami bersama instansi lintas sektor mendukung sepenuhnya Program ORI Difteri Dinas Kesehatan maupun UPT Puskesmas,” tandasnya.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here