IM.com – Suasana minggu pagi (11/2/2018) di Dusun Bulakkunci Desa Nogosari Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto tidak seperti hari biasanya. Kali tampak ramai dengan ratusan orang membawa cangkul dan berbagai bibit tanaman. Rupanya minggu pagi ini di Dusun Bulakkunci diadakan penghijauan 1.000 pohon oleh Koramil 0815/16 Pacet dan Dinas terkait.

Sejumlah 145 orang diantaranya Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Suparno beserta anggota, Khoirul Rojikin dari Dinas Kehutanan Provinsi UPT PHW VI Wilayah Kerja Mojokerto bersama 7 orang, Radio Pancar Ulang Gajah Mada Kabupaten Mojokerto 60 orang, Relawan PPNI Kabupaten Mojokerto Nurul beserta 30 orang, Komunitas Trail MCL Kabupaten Mojokerto 8 orang dan warga masyarakat 30 orang.

“Penghijauan kali ini akan menanam 1.000 bibit pohon dari berbagai jenis yaitu nangka, jambu merah, akasia, sengon, dan jambu mente”, ujar Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Suparno dalam kata pembukanya.

Diharapkan, aksi penghijauan ini dapat mencegah longsor, mengokohkan daya ikat tanah, memperbaiki kualitas air tanah, mengurangi polusi udara dan meminimalisir pemanasan global serta sejumlah manfaat lainnya terutama di Dusun Bulakkunci Desa Nogosari – Pacet.


“Kita punya tanggung jawab sosial terhadap alam, lingkungan dan kehidupan serta anak cucu, jangan hanya mengambil manfaatnya saja namun alam harus kita rawat hingga terjaga kelestariannya,” tandas Danramil.

Tampak suasana penuh rasa kebersamaan saat aksi hijaukan bumi berlangsung, seakan tak ada sekat di antara mereka walaupun berasal dari berbagai komunitas.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here