IM.com – Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto bersama perangkat desa dan warga bergotong-royong memperbaiki tanggul sungai Dusun Sumberwaru, Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Senin (26/02/2018).

Karya Bakti perbaikan tanggul sungai yang jebol sepanjang tujuh meter dengan lebar tiga meter, akibat meluapnya sungai Sumberwaru yang disebabkan banjir kiriman dari wilayah Kecamatan Trawas dan Kawasan Ngoro lainnya yang melewati Dusun Ngetrep, Desa Sedati, Ngoro.

Turut serta dalam karya bakti tersebut, Koramil 0815/12 Ngoro, Pelda Slamet Bati Komsos beserta dua orang anggota, Babinsa Kembangsri, Serma Dwi Handoko, Kasun Sumberwaru Kuswantoro beserta Pejabat RT dan RW Dusun Sumberwaru, Masyarakat Dusun Sumberwaru, Desa Kembangsri.

Tampak gabungan anggota Koramil 12/Ngoro, perangkat desa dan warga bahu-membahu berupaya membuat tanggul sementara dengan menggunakan karung berisi pasir (sand sak) dengan bambu sebagai penahan dan pengikat.


Berkat kerja keras semuanya, proses perbaikan tanggul hanya berlangsung selama 3,5 jam dan selesai sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut keterangan Danramil 0815/12 Ngoro, Kapten Chb Djenal Abidin, jebolnya tanggul Sungai Sumberwaru, terjadi pada Sabtu (24/02) sekira pukul 14.00 WIB dikarenakan kiriman air dari Trawas.

“Jebolnya tanggul tersebut, sempat menggenangi lahan sawah yang ditanami padi usia 80 hari di Dusun Sumberwaru, Desa Kembangsri seluas 30 hektar,” terangnya.

Dijelaskan Danramil, selain akibat banjir kiriman tersebut, meluapnya air hingga jebolnya tanggul ini akibat pendangkalan sungai.

“Ketika hujan turun dengan intensitas cukup tinggi, ditambah kiriman air dari wilayah pegunungan Trawas, sehingga penampang sungai tidak mampu menampung debit air,” papar Danramil.

Ketika kejadian tersebut dari pihak Koramil melalui Babinsa Kembangsri, Serma Dwi Handoko, bersama Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto, Kepala Desa Kembangsri, Kasun Sumberwaru, langsung turun ke lokasi.

“Kemudian esok harinya, Minggu (25/02) dan Senin (26/02) kita bersama-sama melaksanakan karya bakti untuk membenahi tanggul yang jebol,” terang Danramil.

Di hari pertama, karya bakti dikuti sekitar 50 orang, antara lain Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Chb Djenal Abidin beserta 12 orang anggota, Kades Kembangsri, Eko Sutrisno beserta Perangkat, Babinsa Kembangsri Serma Dwi Handoko dan masyarakat Dusun Sumberwaru.

Dengan tertutupnya tanggul yang jebol ini, diharapkan ketika hujan turun, sungai tidak meluap dan membanjiri area persawahan.

“Kami mengajak peranserta semua pihak dalam perbaikan tanggul ini secara permanen sehingga tidak mudah jebol,” pungkasnya.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here