Humas dan Protokol
Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan Kab/Kota se-Jatim Tahun 2018

IM.com – Ada tiga hal penting yang harus dipenuhi humas sebagai juru bicara. Kredibilitas, akurat dan jelas. Ini kunci penting supaya pesan yang disampaikan meyakinkan dan dipercaya khalayak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si, saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan Kab/Kota se-Jatim Tahun 2018 di Klub Bunga Butik Resort, Batu, Rabu (14/3-2018) sore.

Menurutnya, seorang jubir menjadi simbol suara organisasi yang tanggung jawabnya adalah menyajikan pesan dan informasi yang akurat dan konsisten. Selain itu, peran jubir adalah mengkomunikasikan informasi yang publik inginkan serta membangun kepercayaan dan kredibilitas lembaga.

“Jubir adalah garda terdepan, harus bisa menjelasakan atau menjawab masalah-masalah daerah kepada publik secara kredibel, akurat dan jelas,” jelas mantan Kepala Biro Administrasi Kerjasama Setdaprov Jatim ini.


Informasi yang tidak akurat, kredibel dan jelas, lanjutnya, akan menyebabkan persepsi publik menjadi salah dan keberhasilan program pemerintah tidak sampai ke publik. Selain itu, akan memunculkan pemberitaan fitnah dan palsu (hoax), serta pimpinan menjadi sasaran kemarahan publik.

Sebaliknya, informasi yang akurat, kredibel dan jelas akan membuat publik memahami kebijakan/keputusan pemerintah, sehingga pada akhirnya akan mendukung, mengurangi fitnah atau hoax terhadap pemerintah serta mengurangi perdebatan di ranah publik.

Benny mengatakan, ada beberapa prinsip yang harus dipegang oleh seorang jubir. Diantaranya tidak boleh berbohong, jangan pernah mengatakan ‘no comment, meminimalisir ‘off the record’, serta pesan yang disampaikan singkat padat dan jelas. Seain itu seorang jubir juga harus tenang dan percaya diri serta jangan pernah berspekulasi.

Di akhir penyampaian materinya, Benny kembali mengingatkan pentingnya membangun sinergitas dengan media. Diantaranya membuka dialog dengan memberi kesempatan wawancara, doorstop, jumpa pers dan penerbitan siaran pers, serta membangun kerjasama pemerintah dan media dalam berbagai hal positif, misalnya promosi pariwisata dan informasi pembangunan.

Rakor kehumasan yang dibuka Kepala Dinas Kominfo Provinsi mewakili Sekda Jatim ini diselenggarakan selama dua hari yakni 14-15 Maret 2018 dengan peserta Kabag Humas dan Kepala Dinas Kominfo kab/kota se-Jatim.

Rakor dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi pimpinan dan kelembagaan yang menangani kehumasan di pemda se-Jatim, serta sekaligus meningkatkan pengetahuan teknisnya di bidang kehumasan.

Rakor ini diisi dengan berbagai materi diantaranya ‘Menarik Perhatian Massa melalui Penulisan Berita’ oleh Abdul Rokim, Manager Jawa Pos Group dan ‘Publik Speaking Skill for Government Publik Relations’ oleh Iman Dwihartanto, penyiar Radio Suara Surabaya. (kim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here