Kementan RI Memeriksa alat pertanian
Tim Kementan RI didampingi anggota Kodim 0815 Mojokerto memeriksa kondisi alat pertanian bantuan dari pemerintah pusat

IM.com – Tim Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI, melakukan pengecekan alat mesin pertanian TR2 (hand tracktor) di 14 Kelompok tani di wilayah Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Dari hasil pengecekan diketahui peralatan dalam kondisi baik, terawat dan masih berfungsi.

Kedatangan Tim Ditjen PSP yang dipimpin Erik Aritanto diterima di kantor Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Dlanggu berlokasi di Dusun Dempel Desa Tumapel disambut Koordinator Penyuluh Pertanian Dlanggu, Supramonorini, Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Serda M. Sholeh serta para petugas penyuluh lapangan, Jum’at (16/03/2018).

Koordinator PPL Supramono Rini, menuturkan, tujuan kedatangan Tim Ditjen PSP sebagai upaya memantau dan evaluasi di beberapa Kelompok Tani, Gapoktan maupun unit pelaksana jasa alat pertanian penerima bantuan tahun 2014–2017 yang tersebar di 14 Poktan Dlanggu.

Tim Ditjen PSP didampingi Koordinator PPL dan Babinsa serta PPL selanjutnya melakukan pemeriksaan alat mesin pertanian TR2 (hand tracktor) di 14 kelompok tani di wilayah Dlanggu. Setelah diperiksa, alat produksi pertanian tersebut dalam kondisi baik baik, terawat dan masih berfungsi.


Bantuan mesin pertanian tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan petani. Erik Aritanto menghimbau para Poktan penerima bantuan mesin produksi itu supaya merawat dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sehari sebelumnya, Kamis (15/03), Tim Ditjen PSP melakukan kegiatan serupa di wilayah Pungging didampingi Koordinator PPL Pungging, Abdul Ro’uf, para Babinsa dan PPL untuk mengecek TR2 (hand tracktor) di 14 Poktan dan Gapoktan yang tersebar di kawasan Pungging.

Ke-14 Poktan penerima bantuan mesin pertanian tersebut yaitu Poktan Tani Santoso Desa Banjar Tanggul, Gapoktan Sekarjaya dan Poktan Tani Manunggal Desa Sekargadung, Poktan Tani Rejo Desa Mojorejo, Poktan Karya Tani Desa Curahmojo, Poktan Sumber Rejeki Desa Kalipuro, Poktan Sumber Rejeki Desa Randuharjo, Poktan Tani Mulyo Desa Pungging.

Berikutnya Poktan Margi Utomo, Poktan Tani Margi Utomo dan Poktan Tani Margi Mulyo Desa Tunggalpager, Poktan Sri Rejeki Desa Jabontegal, Poktan Tani Rukun Desa Balongmasin, Poktan Kedung Polowijo dan Poktan Widuri Desa Kedungmungal. Poktan Tani Makmur dan Poktan Tani Bahagia Desa Watukenongo, Poktan Tirto Rame dan Poktan Tirto Kenongo Desa Ngrame serta Poktan Ploso Rindang Desa Bangun.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here