Panen Padi
Koramil 0815/07 Jetis melalui para Babinsa, turun langsung mendampingi kelompok tani melakukan panen padi di empat lokasi yakni Desa Jolotundo, Ngabar, Kupang dan Desa Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto

IM.com – Koramil 0815/07 Jetis melalui para Babinsa, turun langsung mendampingi kelompok tani melakukan panen padi di empat lokasi yakni Desa Jolotundo, Ngabar, Kupang dan Desa Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Senin 919/03/2018). Empat kelompok tani (Poktan) di empat desa wilayah Jetis ini secara bersamaan melakukan panen padi.

Di Dusun Tugu, Desa Jolotundo, Babinsa Serma Agus Rudiyanto mendampingi panen padi di areal milik Subito, Poktan Rukun Sentosa, yang ditanami jenis padi varietas Ciherang. Di lokasi ini, petani mampu meraup gabah 6,2 ton / hektar.

Lokasi kedua berada di Dusun Pecuk Desa Ngabar, sawah milik Sanimin, Poktan Podo Rukun dengan padi varietas ciherang juga menghasilkan gabah 6,2 ton di lahan seluas satu hektar. Tampak Babinsa Ngabar Koptu Muhadi yang turut mendampingi Poktan dalam panen padi tersebut.

Sementara Babinsa Kupang, Serda Sunaryo, turut serta mendampingi panen padi di sawah milik Anam, Poktan Tani Abadi, Dusun Pasinan Desa Kupang dengan luas lahan satu hektar dan menghasilkan 6,2 ton juga.


Masih di wilayah Jetis, nampak Serda Supriyadi, Babinsa Penompo yang turut berbaur dan mendampingi Poktan Tani Utama, dalam panen padi varietas ciherang di sawah milik Supriyanto, Dusun Penompo Desa Penompo. Hasil panen dalam luasan satu hektar mencapai 6,2 ton.

Danramil 0815/07 Kapten Inf Hari Subiyanto, mengungkapkan hasil panen kali ini rata-rata mampu mencapai 6 ton per hektarnya. Walaupun capaian kali ini belum maksimal.

Danramil juga menghimbau, agar para petani dan Poktan tidak segan untuk berkonsultasi dengan PPL terkait pengolahan lahan, pola tanam, perawatan, pemupukan dan proses sistem panen sehingga hasilnya akan lebih optimal. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here