IM.com – Petugas penyuluh lapangan (PPL) Kecamatan Mojoanyar bersama para Babinsa Pos Ramil Mojoanyar melakukan pengubinan padi di sawah milik Askan dari Poktan Tani Mardi, Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Pengubinan di sawah seluas 1.200 m2 (0,12 ha) yang ditanami padi varietas Inpari 31 dilakukan dengan meneliti area 3×4 meter dan didapati jumlah bulir 95–122–132 , jumlah rumpun 220, jumlah anakan 30 – 27 – 26, berat ubinan 8,62 Kg gabah. Dari hasil tersebut diproyeksikan dalam satu hektar diperkirakan akan menghasilkan padi sekitar 7,18 ton.

Koordinator PPL Sutrisno mengatakan, kegiatan pengubinan ini dapat menambah pengetahuan para petani tentang prediksi potensi produksi gabah saat panen. Ini merupakan sarana bagi PPL dalam membuka wawasan petani tentang teknologi pertanian.

Sebab saat pengubinan menerapkan metode dan teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu, seperti buku panduan BPS guna mencari random kotak ubinan yang akan dijadikan contoh perhitungan dan lain-lain.


Sementara pelaksana tugas Danpos Ramil Mojoanyar, Letda Inf Akhmad Rifa’i menimpali, ini semua dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam penguatan ketahanan pangan.

Para Babinsa di wilayah akan terus memantau dan melakukan pendampingan mulai pengolahan lahan, penanaman, pengolahan, perawatan, masa panen dan distribusi, terang Rifa’i. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here