IM.com – Untuk mensukseskan program ketahanan pangan di Kabupaten Mojokerto, Petugas Penyuluh Pertanian dan Babinsa Randugenengan Serka Jainudin melakukan pendampingan pengubinan padi pada kelompok tani Margo Rukun, Dusun Sukosari Desa Randugenengan Kecamatan Dlanggu.

Pengubinan berlangsung di lahan seluas 0,28 hektar milik Rohman Adi, Ketua Poktan Margo Rukun yang menggunakan bibit Ciherang di area 2,5 x 2,5 meter. Hasil yang didapatkan kemudian diperiksa, panjang malai 30 cm, jumlah bulir 180, jumlah anakan 17, jumlah rumpun 143, dan berat ubinan 4,2 kg. Prediksi produktivitas panen dalam satu hektar mencapai 6,7 ton.

Ketika diminta keterangan, Danramil 0815/14 Dlanggu, Kapten Inf Kasim menuturkan, kehadiran Babinsa bersama PPL dalam pendampingan yang langsung berhubungan dengan petani diharap bisa menyemangati para petani untuk meningkatkan produksi pangan.

Pada hari yang sama, PPL dan Babinsa Kwatu Pos Ramil Mojoanyar Serda Sumiran juga mendampingi Kelompok Tani Kuat Dusun Desa Kwatu, Kecamatan Mojoanyar di sawah milik Saikin seluas 3.000 m². Dari kegiatan tersebut diperkirakan dalam satu hektar bisa menghasilan 9,37 ton gabah.


Koordinator PPL Mojoanyar, Sutrisno mengatakan, pengubinan ini dilakukan pada tanaman seperti padi dan jagung yang sudah siap untuk dipanen, tujuannya untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen dalam satu hamparan.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here