Mengolah Lahan Pertanian
Babinsa Jajaran Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan pendampingan petani sekaligus turun ke sawah ikut dalam pengolahan lahan

IM.com – Memasuki masa tanam (MT) tahun 2018, para Babinsa Jajaran Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan pendampingan petani sekaligus turun ke sawah ikut dalam pengolahan lahan. Seperti Babinsa Koramil 0815/07 Jetis Serma Agus Rudiyanto.

Serma Agus Rudiyanto mendampingi petani membantu mengolah lahan di Dusun Tugu, Desa Jolotundo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Kamis (05/04/2018). Di lahan sawah milik Nurali seluas satu hektar, Serma Rudiyanto tanpa segan langsung terjun ke sawah membantu pengolahan lahan. Mulai membajak menggunakan hand traktor (TR 2) sampai persiapan tanam.

Dilakukannya pembajakan sawah memperbaiki sifat fisik tanah. Semula permukaan lapisan tanah keras dibalik menjadi gembur dan melumpur, kemudian digaru dan dialiri air untuk persiapan tanam esok harinya. “Pengolahan lahan yang baik diharapkan usai ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang bebas, ucap Serma Rudiyanto di sela-sela mendampingi petani.

Terpisah, Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto menuturkan, kegiatan pendampingan Babinsa, guna membantu petani semakin giat mengolah lahan sebagai persiapan menghadapi musim tanam mendatang guna mempercepat siklus produksi pangan.


Selain itu, kegiatan ini juga memotivasi petani segera mengolah lahan sawahnya untuk percepatan luas tambah tanam (LTT). Dengan percepatan luas tambah tanam ini maka dalam setahun, para petani akan menanam dan memanen padi sebanyak tiga kali. “Hal ini akan berdampak positif bagi peningkatan pendapatan petani dan pencapaian swasembada pangan,” tandas Danramil. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here