IM.com – Menjelang pemetikan panen di sawah Poktan Desa Wunut, Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Balai Penyuluh Pertanian Mojoanyar bersama Babinsa Mojoanyar membantu pengubinan untuk memprediksi hasil produksi.

Pengubinan berlangsung di lahan milik Kasto seluas 0,12 hektar, anggota Poktan Tani Mulyo Dusun Janti Desa Wunut, Diprediksi potensi gabah yang diperoleh sebanyak 8,13 ton.

Para petugas dari Mitra BPS Kabupaten Mojokerto, PPL dari BPP Kecamatan Mojoanyar, Agus, SP dan Sodi, SP., Babinsa Pos Ramil Mojoanyar Sertu Bambang Waluyo, Kapoktan Tani Mulyo Arifin beserta anggota Poktan, melakukan pengubinan dilanjutkan pengukuran dan penghitungan hasil ubinan.

Menurut keterangan PPL Sodi, SP, pada pengubinan padi varietas Ciherang dengan luas kotak ubinan 2,5 x 2,5 meter, diketahui panjang malai 26 cm, jumlah bulir 156 biji, jumlah anakan 13, jumlah rumpun 165, berat ubinan 5,08 Kg. Diprediksi potensi gabah yang dipanen dalam satu hektar sebanyak 8,13 ton.


Luas keseluruhan areal persawahan yang dikelola Poktan Tani Mulyo Dusun Janti Desa Wunut seluas 34,5 hektar. Di lokasi tersebut, seluruhnya ditanami jenis padi varietas Ciherang dengan sistim tanam jajar legowo (Jarwo). Rencananya dalam minggu ini akan dipanen seluas 15 hektar dan sisanya minggu depan.

Terpisah, Pgs. Danpos Ramil Mojoanyar Letda Inf Akhmad Rifa’i, mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa bersama PPL, salah satu tujuannya untuk mengetahui potensi gabah yang dihasilkan pada panen raya nanti. Pendampingan yang dilakukan Babinsa, merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna mengawal dan membantu mewujudkan ketahanan pangan di wilayah. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here