Penganugerahan Kabupaten Layak Anak Kembali Diraih Mojokerto
Kabupaten Mojokerto kembali meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2018 kategori Pratama

IM.com – Kabupaten Mojokerto kembali meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2018 kategori Pratama dalam acara malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2018, oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), yang diterimakan kepada Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Senin (23/7-2018) di Dyandra Convention Hall, Surabaya.

“Kita harus terus berusaha dan melakukan evaluasi bersama leading sektor terkait. Lakukan koordinasi dan komunikasi intensif, agar di tahun-tahun depan Pemkab Mojokerto bisa masuk pada semua kategori,” kata wakil bupati saat ditemui.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto, Joedha Hadi, mengatakan bahwa prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras bersama dengan dinas instansi terkait.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras kita bersama yakni instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Polres dan Polresta, Kejaksaan juga Pengadilan,” terang Joedha.


Menteri PPPA Yohana Susana Yembise dalam acara ini menjelaskan, dari 389 kabupaten/kota/provinsi yang dievaluasi, sedikitnya ada 177 daerah yang mendapatkan penghargaan dari berbagai kategori berbeda. Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding pada 2016 yakni 126 Pemerintah Daerah (pemda).

“Sebenarnya penghargaan dilakukan setiap dua tahun sekali. Tetapi saya pikir lebih baik setiap tahun saja agar memotivasi mereka memenuhi UU 23 Tahun 2014 dimana urusan perempuan dan anak juga menjadi tugas Pemerintah Daerah,” jelas Yohana.

Jumlah 177 di antaranya penghargaan kepada 10 Pemerintah Provinsi, penghargaan utama Kota Layak Anak pada 2 kota, Nindya pada 11 Kabupaten Kota, Madya pada 51 kabupaten kota dan Pratama pada 113 kabupaten kota.

Dalam acara yang digelar dalam rangka Hari Anak Nasional 2018 ini, juga diberikan beberapa penghargaan lain seperti Pemenuhan Hak Sipil Terbaik, Pembinaan Anak Daerah Terbaik, Pencegahan Pernikahan Dini Terbaik, Puskesmas Terbaik, Pelayanan Ramah Anak Terbaik dan Sekolah Ramah Anak Terbaik.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada tiga lembaga Kepolisian RI (Polri). Polres Sorong Selatan dan Polda Jawa Barat diberi penghargaan karena dinilai responsif dalam menangani kasus Kekerasan terhadap Anak (KTA). Satu penghargaan lagi diberikan kepada Polres Banjar yang dianggap menjadi pelopor sebagai Polres Ramah Anak. (ika/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here