Cegah Longsor, TMMD Bangun Drainase dan TPT SDN Jembul
Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), pembuatan drainase dan pengerasan halaman SDN Jembul untuk cegah longsor

IM.com – Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), pembuatan drainase dan pengerasan halaman SDN Jembul merupakan salah satu sasaran fisik dalam TMMD Reguler Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

Pantauan di lapangan, Kamis (26/07/2018), anggota TNI dari SST Kodim 0815 Mojokerto, SST Yonif Para Raider 503/MK, SST Yonif Mekanis 521/DY yang tergabung dalam SSK TMMD, unsur Polri, Ormas dan masyarakat, dengan penuh semangat, bahu membahu dan bergotong royong mengerjakan TPT, drainase dan pengerasan halaman SDN Jembul.

Letda Inf Akhmad Rifa’i, Komandan SST Kodim 0815, saat ditemui di lokasi, menuturkan, pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan drainase ini, volume nya 140 meter2. “Sedangkan untuk pengerasan halaman sekolah, volumenya 250 meter2, dengan menggunakan serbuk batu,” terangnya.

Masih tuturnya, pengerasan halaman sekolah ini dimaksudkan bila musim hujan tiba atau turun hujan, halaman tidak becek dan dapat digunakan untuk aktivitas para siswa saat istirahat atau kegiatan luar kelas sehingga kenyamanan tetap terjaga.


Halaman SDN Jembul ini, sehari-hari digunakan sebagai lapangan apel untuk para siswa dan kegiatan olah raga maupun ekstra kurikuler lainnya. “Bahkan sebelumnya, halaman SDN ini juga difungsikan untu lapangan bola voli oleh karang taruna di sore hari,” ungkapnya.

Demikian pula dengan dibangunnya TPT ini, dapat berfungsi sebagai penahan tanah agar tidak terjadi longsor. Dihadapkan dengan letak sekolah yang berada pada ketinggian, pembuatan TPT ini sangat diperlukan demi keamanan warga sekolah termasuk masyarakat sekitar.

Memasuki hari ke tujuh belas pelaksanaan TMMD, pembangunan TPT, drainase dan pengerasan halaman sekolah, capaiannya sudah mencapai kisaran 81 persen,” pungkasnya. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here