Warga Jembul Peroleh Indekost Dadakan Selama Digelar TMMD 102/2018
Sebanyak 25 rumah warga yang ditempati para prajurit TMMD

IM.com – Sebagai pengejawantahan tema program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102/2018, para prajurit Kodim 0815 Satuan Setingkat Kompi (SSK) diwajibkan menginap di rumah warga (indekost) Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

SSK terdiri dari SST – Tiga Satuan Setingkat Peleton – yang terdiri dari tiga kesatuan. Yakni 1 SST Kodim 0815 Mojokerto, 1 SST Yonif Para Raider 503/MK, 1 SST Yonif Mekanis 521/DY dan 1 Tim Yon Zipur-5 dan Tim Keslap Denkesyah 05.04.02 Mojokerto

Sebanyak 25 rumah warga yang ditempati para prajurit, tersebar di RT 01 sebanyak 12 rumah dan 13 rumah di lingkungan RW 02 dimana setiap dihuni antara 3 hingga 6 orang.

Untuk penginapan tersebut para prajurit menyerahkan biaya hidup (living coast) kepada pemilik rumah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sehinga menu yang disajikan pada tamunya sama dengan yang dikonsumsi pemilik rumah.


Menengok keseharian para prajurit yang tinggal dan menginap di rumah warga, khususnya saat makan pagi, siang maupun sore, walaupun sederhana namun menu makanannya cukup lengkap. Seperti di rumah Abdul Salam, yang ditempati SST Kodim 0815 Mojokerto, setiap pagi sebelum melakukan aktivitas, para prajurit bersama tuan rumah sarapan bersama.

Suasananya begitu nyaman, akrab dan penuh kebersamaan antara pemilik rumah dan keluarganya dengan para prajurit. Demikian juga saat istirahat siang, dan sore hari setelah bekerja, makan bersama juga dilakukan para prajurit bersama pemilik rumah.

Momen makan bersama ini tidak hanya dilakukan para prajurit SSK bahkan Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima selaku Komandan Satgas TMMD bersama Para Pejabat Utama Kodim 0815 beberapa kali turut di dalamnya di setiap kali ke Desa Jembul.

Komandan SSK TMMD Kapten Inf Desto Jumeno menyatakan bahwa selama penugasan TMMD ini, dengan menginap di rumah-rumah warga dimaksudkan untuk meningkatkan kepekaan para prajurit agar mampu merasakan yang dirasakan masyarakat, sekaligus membangun kebersamaan antara TNI dan Rakyat. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here