Ribuan warga Tambun, Bekasi melaksanakan Shalat Idul Adha pada hari ini (21/8/2018) di lapangan Pusat Pendidikan dan Latihan Dewan Dakwah Indonesia (Pusdiklat DDI) Kampung Bulu Desa Setiamekar, Tambun Selatan.

IM.com – Warga di sejumlah daerah sudah melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha, hari ini (21/8/2018). Lebih cepat sehari dari yang ditetapkan pemerintah, Rabu besok (22/8/2018).

Ratusan warga melaksanakan salat Idul Adha di lapangan Desa Triharjo, Kecamatan Wates, Selasa (21/8/2018) pagi. Sebagian besar peserta salat merupakan jemaah Masjid Baitullah Jala Jalalu dan Masjid Jalatundo di Pedukuhan Cokrodipan, sedangkan lainnya berasal dari beberapa kecamatan lain Malam sebelumnya, jemaah tersebut juga sudah melaksanakan takbiran.

Salat Idul Adha yang diinisiasi Ikatan Pengajian Triharjo ini dimulai sekitar pukul 06.30 WIB dengan imam dan khatib adalah H Sholikhul Hadi, pengasuh Pondok Pesantren Darum Ulum, Kecamatan Galur.

Imam Masjid Baitullah Jala Jalalu, Nuri Sasono, mengatakan pihaknya mengikuti pelaksanaan salat Idul Adha di Meka, Arab Saudi yang mana pada Senin lalu sudah melaksanakan ibadah wukuf di Arafah. Sehingga, hari berikutnya (hari ini) sudah dilaksanakan salat Ied. Otoritas Arab Saudi pun telah menetapkan Hari Raya Idul adha 10 Dzulhijjah 1439 jatuh pada hari ini, Selasa (21/8/2018).


Soal perbedaan yang terjadi, menurut Nuri,  hanya perkara pengumuman saja karena jadwal ibadah haji sudah diatur dalam agama.”Beda Indonesia dan Arab hanya empat jam. Itu tidak membedakan harinya. Perbedaan (pelaksanaan shalat Ied) tidak jadi masalah. Kami memiliki keyakinan sendiri,” jelas Nuri.

Pelaksanaan shalat Idul Adha hari ini juga digelar di masjid Darut Taqwa di lantai tiga Toserba Selamat Jalan. R. E. Martadinata, Kota Sukabumi.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darut Taqwa Yan Maulana Hidayat mengatakan, meskipun lebih awal dari ketentuan pemerintah namun shalat Idul Adha ini tidak mewakili kelompok manapun.

Menurutnya, hal yang mendasari dilaksanakan shalat Idul Adha pada hari ini adalah puasa Arafah Senin maka Shalat Idul Adha-nya pada Selasa. Selain itu pelaksanaan Wukuf jatuh pada hari Senin dan pelemparan jumroh pada Selasa.

“Tidak mewakili kelompok manapun . Kami juga menghormati pilihan yang melaksanakan shalat Idul Adha Selasa dan Rabu. Misalnya pemerintah bersama yang lainnya seperti Muhammadiyah sudah mengumumkan Idul Adha pada Rabu,” terangnya.

Yan menegaskan, pihaknya bukan berarti ingin berbeda dengan yang lain akan tetapi ini pilihan. Ia menyebutkan selain di Toserba Selamat, pelaksanaan shalat Idul Adha pada hari ini juga dilaksanakan di dua tempat lainnya di Kota Sukabumi.

“Selain di Toserba Selamat, pelaksanaan shalat Idul Adha hari ini juga dilakukan di dua tempat lainnya di Kota Sukabumi termasuk di Kabupaten Sukabumi,” cetusnya.

Ribuan umat muslim di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat juga menggelar Shaat Idul Adha 1439 H pada Selasa (21/08/2018). Warga dari berbagai usia berbondong ke lapangan Pusat Pendidikan dan Latihan Dewan Dakwah Indonesia (Pusdiklat DDI) Kampung Bulu Desa Setiamekar, Tambun Selatan sejak pukul 05.30 WIB.

Warga daerah lain yang merayakan Hari Raya Idul Adha mendahului ketetapan pemerintah ada diKampus ITM Medan. Warga menggelar shalat Ied di Masjid Kampus ITM, Medan. (tri/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here