Kebakaran Hutan dan Lahan
Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata dalam apel bersama antisipasi kesiapsiagaan Satgas kebakaran hutan dan lahan di Bumi Perkemahan Wana Wisata air panas Desa Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto

IM.com – “Potensi kebakaran hutan maupun lahan masih sangat tinggi, untuk itu kita harus terus memantau kondisi situasi dan perkembangan kebakaran hutan. Terlebih pada bulan Juni sampai Oktober sangatlah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan kondisi iklim yang panas. Kita juga akan memberikan papan himbauan agar menghindari pembakaran dalam bentuk apapun baik lahan dan kebun di saat iklim yang sangat panas dan rentan terjadinya kebakaran.”

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata dalam apel bersama antisipasi kesiapsiagaan Satgas kebakaran hutan dan lahan di Bumi Perkemahan Wana Wisata air panas Desa Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (29/08/2018) siang. Kepala Staf Kodim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos mewakili Komandan Kodim 0815 menghadiri apel tersebut.

Apel bersama tersebut dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Mojokerto, sebagai pimpinan apel Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata sementara Kasubbagops Polres Mojokerto AKP Suwarso sebagai komandan apel.

Lebih lanjut Leo menuturkan, apel bersama ini sebagai bentuk kesiapsiagaan Satgas Karhutla dalam mengantispasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Pada perkembangannya, kebakaran hutan dan lahan di Indonesia sangat banyak merugikan lahan pertanian dan perkebunan masyarakat. Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara sinergi antara pemerintah dan istansi terkait serta elemen masyarakat. Kita patut acungkan jempol bersama bahwa para relawan sangat mudah untuk digerakan dalam membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan saat ini,” ucap Kapolres.

Setelah apel dilanjutkan simulasi pemadaman oleh Kapolres Mojokerto, Kasdim, Asisten Sekdakab Mojokerto Agus Anas, Ketua Pelaksana BPBD Moh. Zaini, Perhutani serta instansi yang tergabung dalam Satgas Karhutla.

Tampak dalam apel bersama antara lain Wadandenpom V/2 Mojokerto Mayor Cpm Marsidiyanto, Wakapolres Mojokerto Kompol Ki Ide Bagus Tri, PJU Polres Mojokerto, Ka OPD, Camat, Kapolsek, Danramil Pacet, Para Kapolsek jajaran Polres Mojokerto, Pasi Intel Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Heru Widodo CP, Asper Perhutani BKPH Pacet, Pihak Tahura R. Soerjo Pacet Dedi Hadiana, LMDH Desa Claket dan Desa Padusan serta relawan Mojokerto.

Sedangkan susunan pasukan apel, yaitu 1 SST Gabungan Kodim 0815 dan Denpom V/2, 1 SSK Polres Mojokerto, 1 SSK Gabungan Satpol PP, BPBD, Dinas Perumah Rakyat Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (DPRKP2) Kabupaten Mojokerto, 1 SSK Gabungan Tahura R. Soerjo, Perhutani dan Relawan Mojokerto, dan 1 SSK Gabungan Damkar Kabupaten Mojokerto, LMDH, Linmas dan Pramuka, secara keseluruhan berjumlah sekitar 300 orang. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here